Ad Code

Responsive Advertisement

Jenis Label Benih Padi

Jenis Label Benih Padi

Benih merupakan faktor utama dan paling awal dalam dunia pertanian, dengan memilih benih padi yang tepat maka dapat menghasilkan produksi yang sesuai harapan. Banyak di pasaran menjual benih padi bersertifikat, dari benih padi tersebut terdapat label yang menjelaskan tentang benih padi yang akan dijual, label tersebut terdiri dari label warna Kuning, Putih, Ungu dan Biru. Benih bersertifikat mempunyai arti bahwa benih tersebut sudah melalui proses sertifikasi benih dan memenuhi kriteria standar mutu benih yang baik termasuk di lapangan dan saat di laboratorium.

Berikut penjelasan label benih padi tersebut :

1. Label Kuning / Benih Penjenis (Breeder seed)
Breeder seed atau benih penjenis adalah benih dari hasil pemulia tanaman yang mempunyai sifat kemurnian sangat tinggi atau sangat murni, benih ini mempunyai jumlah sangat sedikit dan dibawah pengawasan pemulia tanaman, benih ini diberi label berwarna kuning dan sangat jarang ditemukan di pasaran.


2. Label Putih/Benih dasar (Foundation Seed)

Benih dari jenis berlabel putih ini sulit ditemukan dipasaran namun tidak sesulit benih yang berlabel kuning, harga benih berlabel putih sangat tinggi dibanding dengan berlabel ungu dan biru karena benih ini adalah benih dasar yang merupakan benih dari hasil pertanaman benih penjenis yang mempunyai sifat kemurnian tetap tinggi


3. Label Ungu/Benih pokok (Registered Seed/Stock Seed)

Benih berlabel ungu atau benih pokok merupakan hasil dari turunan benih dasar atau Foundation Seed dengan diberikan perlakuan sebaik-baikna untuk menjaga tingkat kemurnian genetik dari benih itu sendiri. benih ini lebih mudah ditemukan dipasaran jika dibandingkan benih berlabel kuning dan putih.


4. Label Biru/Benih sebar (Certified Seed)

Benih berlabel biru atau benih sebar merupakan benih yang sering dipakai oleh para petani dan mudah ditemukan dikios-kios pertanian. benih ini hasil perbanyakan dari benih pokok atau perbanyakan langsung dari benih dasar.


Demikian artikel tentang penjelasan label padi benih padi bersertifikat, semoga dapat bermanfaat, dan terimakasih.




#benihpadi #padi #padisertifikat #benihberlabel #msg3 #petanicerdas #petanipintar #indonesia #pertanian #petanimuda #agribisnis #agribisnismsg3 #benihpadiindonesia #maulanasaysgreen3 #artikelmsg3

Posting Komentar

0 Komentar