Ad Code

Responsive Advertisement

5 Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Pucat dan Lesu.

 

Ayam merupakan salah satu binatang kesayangan yang punya banyak penyuka terutama mulai dari peternak sampai penyayang aduan yang terdapat di indonesia.

Ayam aduan dapat terkenal karena mempunyai badan bagus, mental yang kuat seperti baja serta mempunyai teknik beradu yang cukup menarik. Sehingga membuat ayam aduan tergolong salah satu jenis yang paling di takuti. Namun dalam membudidayakan ayam aduan terdapat banyak sekali kendala yang akan di hadapi, Salah satu pernyakit yang kerap kali terjadi pada ayam ialah penyakit wajah pucat dan lesu.

Ayam mempunyai wajah sedikit kemerahan pada waktu sehat. Namun ada beberapa sebab yang menjadikan wajah ayam menjadi pucat.

Berikut ini faktor faktor penyebabnya :

1. Terkena cacingan

Penyakit cacingan dapat mudah menyerang seluruh hewan ternak termasuk ayam. Ciri umum ayam terkena cacingan ialah bagian mata berbusa, kurang bersemangat, nafsu makan berkurang serta bagian wajah pucat.

2. Mengkonsumsi Benda Sulit Dicerna

Ayam sangat suka memakan makanan yang tercecer di bawah. Tapi kadang ada benda yang sulit dicerna tembolok ikut masuk termakan contohnya potongan plastik.

Ciri – ciri mengalami gangguan pencernaan ialah ayam lesu tapi tetap bugar, tubuh berangsur mengurus, serta wajah ayam pucat.

3.  Kekurangan Sel Darah Merah

Darah merah mempunyai fungsi sebagai alat untuk mendistribusikan makanan serta oksigen ke dalam tubuh.Saat kekurangan seldarah merah maka wajah ayam akan cenderung lebih pucat dari biasanya.

4.  Mengalami Dehidrasi

Ayam sangat benyak membutuhkan air sebagai tumbuh kembangnya. Apabila ayam mengalami dehidrasi atau kekurangan air minum maka akan keluar tanda – tanda seperti malas makan serta wajah ayam terlihat pucat.

5. Kekurangan Sel Darah Putih

Fungsi sel darah putih sangat berbeda dengan si merah yakni sebagai benteng pertahanan atau antibiotik yang bertugas melawan bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh.

Memang sangat merepotkan jika ayam terkena penyakit terutama yang menyangkut warna tubuh serta gairah.

Jika penyebab dan cara menyembuhkan ayam berwajah pucat diatas tidak dapat mengatasi masalah.

Maka coba gunakan beberapa cara mengobati ayam lesu dibawah ini :

1. Biarkan ayam bergerak bebas di dalam ruangan.

2. Jauhkan dari sinar matahari yang terlalu terik.

3. Memberi makanan yang bertekstur lembek atau berair.

4. Meminumkan atau menambahkan vitamin untuk menambah darah.

5. Beri Projaji MSG 3 pada minuman dengan Minumkan 3 ml ke ternak yangmengalami sakit

Terapkan cara diatas secara rutin untuk membuat ayam kembali pulih ke kondisi normal.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar