Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Membuat Insektisida Organik

Cara membuat insektisida organik untuk hama wereng dan penggerek batang.

Hama wereng dan penggerek batang merupakan salah satu musuh bagi para petani karena apabila petani tidak bisa melakukan pengendalian hama wereng dan penggerek batang maka tidak mustahil petani akan kehilangan panen 100%. Dalam hal pengendalaian hama tersebut juga tidak harus menggunakan insektisida kimia karena apabila terlalu banyak dan sering menggunakan kimia maka akan berdampak pada beberapa tahun ke depan. Dengan menggunakan insektisida organik kita bisa menghemat biaya karena bahan baku yang dibutuhkan cukup murah dan juga bisa tetap menjaga ekosistem yang ada.

Hama penggerek batang
Hama wereng
Berikut akan kami sampaikan bagaimana cara pembuatan insektisida organik untuk hama wereng dan penggerek daun.

Bahan :
1. 20 Liter air
2. Bratawali sebanyak 2kg
3. Lengkuas atau laos 2 kg
4. Lima Daun lidah buaya untuk perekat
5. Kluwak muda 15 biji

Cara Pembuatan :
1. Kelima bahan yang tersedia ditumbuk sampai halus kemudian simpan pada wadah tertutup selama 3 hari (Proses fermentasi)
2. Setelah di diamkan selama 3 hari maka saring dengan menggunakan saringan atau kain yang mempunyai pori-pori tipis.
3. Penggunaan insektisida organik adalah dengan cara campurkan 250 ml insektisida organik ke dalam satu tangki air (10 liter). Kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena hama.
Kandungan bahan baku :
1. Kluwak mengandung hydricyanic acid yang menimbulkan rasa pahit
2. Bratawal mengandung : Alkaloida, Berberin, Columbin dan Pikoretine
3. Kandungan gel lidah buaya adalah air (98,5%), karbohidrat (0,3%) dan sisanya adalah asam amino, lipid, sterol, tanin dan beberapa enzim.
4. Lengkuas atau laos mengandung minyak terbang, minyak astiri, pinen, metil sinamat, eugenol, galangan, kaemferida, galangol dan kristal kungin.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit untuk didapatkan kita sudah bisa membuat insektisida organik dengan mudah dan murah. Semoga informasi dari kami bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Terima kasih
Salam organik


Sumber : BBPP Ketindan : Jln Ketindan No 1 Malang.


Posting Komentar

2 Komentar