Ad Code

Responsive Advertisement

5 Fakta Kubus Ungu Yang Tak Diketahui

 

Kubis ungu (Brassica oleracea L) merupakan sejenis tanaman sayuran yang berwarna khas. Warna kubis ungu dapat diekstrak dan ekstraknya dapat berubah warna pada suasana asam maupun suasana basa sehingga memugkinkan untuk dapat digunakan sebagai indikator alami titrasi asam basa.

kol ungu juga digunakan dalam berbagai resep masakan. Kol ungu bisa direbus lalu dibuat acar kubis, atau bisa juga ditumis di wajan untuk mengeluarkan rasa manis alaminya. Berikut 5 fakta menarik kubis ungu yang wajib diketahui:

1. Berasal dari Eropa

Kubis merah dipercaya berasal dari Eropa. Hal ini disebabkan oleh tanaman-tanaman jenis kubis lain yang juga awalnya berasal dari benua tersebut. Kubis merah sudah ada di Inggris sejak 1570 meski sayuran ini sudah diperkenalkan oleh bangsa Romawi sejak abad ke-14.

2. Awalnya hanya makanan rakyat biasa

Kubis merah yang kerap ditemui di banyak supermarket jelas berharga cukup mahal. kubis merah awalnya merupakan bahan makanan yang lebih banyak dikonsumsi oleh rakyat biasa. Selama abad ke-14 di Benua Eropa, kubis merah selalu menjadi konsumsi sehari-hari dan juga dijadikan stok bahan makanan untuk musim dingin.Baru pada abad ke-18, sayuran ini mulai populer di kalangan para bangsawan. Setelah itu, kubis merah mulai populer dan kini bisa dinikmati oleh semua orang dari berbagai negara.

3. Warnanya bisa berubah-ubah

Warna kubis merah bisa berubah tergantung kepada jumlah pH dalam tanah tempatnya ditanam. Jika ditanam di tanah asam, warnanya akan cenderung lebih merah. Sementara tanah dengan pH netral akan menghasilkan warna yang lebih keunguan.

4. Bisa digunakan untuk mendeteksi asam dan basa

Saat memasak kubis merah, kita juga bisa bereksperimen sains secara kecil-kecilan, lho.kubis merah bisa digunakan untuk membedakan antara asam dan basa.

5. Bisa jadi pewarna pakaian

Warna kubis merah yang cantik jelas bisa menjadi pewarna makanan yang alami. Akan tetapi, fungsi kubis merah ternyata tidak hanya cocok sebagai warna makanan saja, lho.

Nah Itulah 5 Fakta Kubus Ungu Yang Tak Diketahui.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar