Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan

 

Buah berenuk, juga dikenal sebagai “Prunus nepalensis,” adalah buah yang berasal dari wilayah Asia, terutama ditemukan di wilayah Himalaya. Buah ini memiliki bentuk yang unik dengan warna kulit merah tua atau ungu kehitaman. Meskipun jarang ditemukan di pasaran, buah berenuk memiliki potensi kesehatan yang tak boleh diabaikan.

Buah berenuk kaya akan berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah vitamin C, serat, kalium, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan antosianin. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sedangkan serat membantu menjaga pencernaan yang sehat.

Lalu, apa saja sih, manfaat buah berenuk untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan kualitas kesehatan jantung

Buah berenuk kaya akan mineral kalium yang berguna untuk mengelola tekanan darah. Kalium membantu mengeluarkan natrium berlebih yang diketahui memicu peningkatan tekanan darah.

2.Membantu Sistem Pencernaan

Serat dalam buah berenuk mendukung pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, merangsang pergerakan usus, dan menjaga keseimbangan flora usus.

3.Menyokong Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah berenuk berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Mereka membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan

4. Mencegah penyebaran tumor dan sel kanker

Manfaat buah berenuk lainnya disebutkan dapat menekan pertumbuhan tumor dan sel kanker. Disebutkan, buah berenuk memiliki kandungan senyawa flavonoid, termasuk anthraquinone dan quercetin yang bekerja aktif sebagai antiangiogenic.

5. Menurunkan risiko infeksi karena cacing

Manfaat buah berenuk yang tak boleh dilewatkan adalah membantu menurunkan risiko infeksi karena cacing. Ini karena sifat anthelmintic yang ada pada senyawa tanin dalam buah berenuk yang dapat membunuh cacing yang berada di tubuh.

6. Mengontrol kadar gula darah

Studi dalam Davao Medical School Foundation, Filipina, berhasil membuktikan bahwa buah berenuk memiliki potensi besar untuk mengontrol kadar gula darah puasa pada orang-orang dengan kondisi diabetes.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Siapa sangka, manfaat daun berenuk mampu menyembuhkan luka pada kulit lebih cepat? Dikutip dari penelitian yang diterbitkan American Institute of Physics, daunnya kaya akan snyawa alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin. 

8. Berdampak negatif bagi kesuburan dan ibu hamil

Ekstrak daun tanaman ini, bisa berdampak kuat pada kesuburan pria. Bukan merupakan dampak positif karena bisa menghambat pembentukan sperma serta mengganggu mobilitasnya.

Nah Itulah Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar