Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Menarik Ikan Oarfish


 

oarfish adalah tanda bencana yang akan segera datang. Ikan dengan ukuran sangat panjang, besar, dan bertubuh pipih berbintik ini beberapa waktu lalu ditemukan oleh nelayan di Bulukumba, Selayar, Sulawesi Selatan.

Ikan kiamat sangat jarang terlihat di alam liar karena ia lebih menyukai perairan dengan kedalaman sekitar 650 kaki hingga 3.300 kaki. Namun, kadang-kadang, ia juga akan muncul ke permukaan.

Berikut fakta menarik mengenai ikan oarfish atau ikan kiamat yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memiliki Tulang Terpanjang di Dunia

Oarfish raksasa adalah spesies ikan bertulang terpanjang yang diketahui hidup, dengan panjang mencapai 56 kaki atau sekira 17 meter. Beratnya bisa mencapai 600 pon atau sekira 270 kilogram.

2. Memiliki Cita Rasa yang Unik

Tidak banyak yang diketahui tentang oarfish karena mereka jarang terlihat hidup. Meskipun para nelayan terkadang menariknya ke dalam jaring sebagai tangkapan sampingan yang tidak diinginkan.

3.  Beberapa Kali Muncul Saat Terjadi Bencana di Berbagai Negara

Pada 2011 lalu, Jepang pernah dilanda gempa 9,0 SR dan stunam setinggi 10 meter yang memporak-porandakan kota di sana. Ternyata, sebelum bencana itu terjadi, para nelayan disana ada yang menemukan sekelompok Oarfish yang terdampar dan tersangkut jaring mereka.

4. Tidak Bersisik

Tidak seperti ikan bertulang lainnya, oarfish tidak memiliki sisik. Sebaliknya, mereka memiliki tuberkel dan lapisan keperakan dari bahan yang disebut guanin.

5. Tidak Memiliki Status Konservasi

Meskipun ikan oarfish diasumsikan langka secara alami. Ilmuan kesulitan untuk mempelajarinya di habitat alami mereka, yaitu pada wilayah laut dalam.

6. Ikan Laut Dalam Lebih Sensitif dengan Pergerakan Lempeng

Dilansir dari Japantimes.com, menurut peneliti gempa bumi, Kiyoshi Wadatsumi, ada beberapa kemungkinan kepada akhirnya muncul mitos antara Oarfish dan gempa bumi. Menurutnya, ikan laut dalam yang hidup semakin dekat dengan dasar laut, menjadi lebih sensitif terhadap pergerakan lempeng aktif daripada ikan yang di dekat permukaan laut.

Nah itulah Fakta Menarik Ikan Oarfish.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar