Ad Code

Responsive Advertisement

Tips Usaha Dan Cara Ternak Burung Perkutut

 

Burung perkutut adalah jenis burung yang banyak dipelihara. Burung ini dikenal memiliki suara kicauan indah dan merdu, yang menjadikan daya tarik tersendiri dari burung perkutut.

Saking banyak orang yang berminat untuk memeliharanya, membuat burung perkutut dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan dari tahun ke tahun.

Jenis-jenis perkutut yang biasa dipelihara antara lain perkutut lokal, perkutut bangkok, perkutut belang, dan perkutut sumba. Meski demikian, cara ternak burung perkutut cenderung sama dan tidak jauh berbeda.

Cara ternak burung perkutut

Bagi kamu yang masih pemula, yuk simak cara beternak burung perkutut yang baik dan mudah dilakukan.

1. Pemilihan bibit

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam memelihara burung perkutut adalah pemilihan bibit. Ideal bibit perkutut harus yang berusia minimal 4 bulan agar lebih mudah dijodohkan. Namun pastikan umur perkutut betina lebih tua dari umur pejantan. Pilihlah indukan atau bibit yang bagus dan berkualitas dengan ciri-ciri memiliki suara yang bagus baik itu suara depan, tengah, maupun ujungnya.

2. Persiapan kandang

Jika sudah mendapatkan bibit, selanjutnya menyediakan kandang. Umumnya, kandang perkutut terbuat dari bahan kawat, dengan atap kandang dapat menggunakan bahan asbes atau genting. Untuk tinggi kandang biasanya bervariasi antara 45–180 cm. Sementara ideal lebar kandang bersekitar 60 cm dan panjang antara 100-180 cm. Kamu bisa menyediakan lantai kandang dengan menggunakan pasir atau tanah biasa.

3. Proses penjodohan

Dalam tahap perjodohan ini tentu dibutuhkan tindakan khusus. Langkah pertama, kamu bisa memasukkan perkutut yang akan dijodohkan ke dalam kandang ternak. Adapun waktu yang tepat untuk memasukkan perkutut ke kandang ternak adalah pada saat sore hari.

4. Tahap Pemeliharaan

Tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan dalam beternak perkutut adalah pemeliharaan piyik atau anakan perkutut. Jika sudah berusian 1 hingga 1,5 bulan, sebaiknya anakan dipisahkan dari induknya.

Nah itulah Tips Usaha Dan Cara Ternak Burung Perkutut

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBSINIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar