Ad Code

Responsive Advertisement

5 Fakta Unik Sapi Belgia Bule

 

Sapi biru Belgia dikenal dengan banyak nama seperti Belgian Blue-White, Belgian White-and-Blue Pied, hingga Race de la Moyenne et Haute Belgigue. Salah satu karakteristiknya yang paling menonjol adalah badannya yang kekar dan berotot.

Berikut ini adalah beberapa keunikan dan kelebihan sapi Belgian Blue yang akan kita bahas lebih lanjut, yaitu :

1. Tubuh Kekar

Belgian blue memiliki tubuh yang kekar, berotot dan berisi seperti tubuh seorang binaragawan. Sapi ini diketahui memiliki otot ganda atau mengalami hipertrofi otot. Munculnya otot ganda ini bisa jadi disebabkan oleh mutasi gen myostatin (GDF-8)..

Kemungkinan lain penyebab otot ganda adalah turunnya protein turn over. Hal ini berakibat pada peningkatan massa otot dan menjadi penyebab turunnya deposisi lemak. Mungkin inilah salah satu sebabnya daging blue Belgian nampak lebih pucat.

2. Mempunyai Bobot Rata-rata 1000 kg

Sapi ini memiliki berat badan yang cukup fantastis. Sapi Blue Belgian jantan dewasa bisa tumbuh hingga bobot maksimal 1250 kg dengan tinggi 1,5 m. Sedangkan Belgian Blue betina bisa berbobot 900 kg dengan tinggi maksimal 1,4 m.

Bobot ini ukurannya hampir 3 kali lipat sapi ternak di Indonesia. Namun, ada satu keunikan tersendiri yaitu kapasitas organ dalamnya sangat kecil.

3. Sifatnya Jinak

Sapi biru Belgia ini mungkin nampak berotot, kekar dan sedikit menakutkan seperti banteng. Namun tahukah Anda bahwa sapi ini ternyata memiliki sifat jinak dan tidak mudah marah. Mereka cukup patuh kepada pemiliknya.

4. Melahirkan dengan Operasi

Sebuah sumber data menyebutkan bahwa hampir 90 % kelahiran pedet Belgian blue adalah melalui proses operasi. Hal ini dikarenakan bobot janin yang dilahirkan bisa cukup tinggi.

Karena hal inilah, banyak peternak yang mengawinkan sapi pejantan Belgian Blue dengan betina lain yang mempunyai karakter mudah melahirkan. Salah satu contohnya adalah mengawinkan dengan sapi jenis Sire.

5. Bisa sebagai Ternak Daging atau Susu

Sapi biru Belgia diternakkan untuk dua fungsi yaitu sebagai penghasil susu dan penghasil daging. Meskipun bisa untuk dwifungsi namun ada sedikit kekurangan yang dimiliki mamalia berotot ini.

Nah itulah 5 Fakta Unik Sapi Belgia Bule


KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar