Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Sapi Highland Berambut Fluffy Asal Skotlandia

 

Bila umumnya sapi tidak memiliki rambut, yang satu ini berbeda. Mereka punya rambut panjang agak berombak yang berfungsi melindungi mereka dari cuaca dingin.Sapi highland atau highland cattle merupakan hewan ternak kuno dari tanah Skotlandia. Konon, mereka sudah diternakkan sejak abad ke-6. Tak hanya rambutnya, mereka juga banyak dikenal karena kualitas daging premium.

1. Ternak kuno dari Skotlandia

Menurut laman Eagle Brae, sapi highland diperkirakan sudah ada sejak abad ke-6, tapi baru tercatat secara resmi sekitar 1885. Mereka berasal dari wilayah historis Dataran Tinggi Skotlandia dan Kepulauan Barat Skotlandia. Kini, mereka banyak diternakkan di banyak pelosok dunia, seperti Australia, Amerika Utara, hingga Eropa.

2. Rambut panjang fluffy yang khas

Rambut panjang yang menutupi sekujur tubuh menjadi ciri khas sapi highland. Rambut ikonik inilah yang memberi mereka predikat ternak tangguh karena memungkinkan mereka hidup di cuaca dingin dataran tinggi Skotlandia.

3. Bisa makan rumput sebanyak 70 kilogram dalam sehari

Sapi highland memiliki ukuran tubuh yang sama seperti sapi pada umumnya. Mengutip laman Sea World, mereka memiliki tinggi bahu antara 0,9 sampai 1,1 meter. Rata-rata berat mereka berkisar antara 450 kilogram sampai 1 ton. Dalam sehari, mereka bisa makan rumput sebanyak 70 kilogram dan menghabiskan waktu kira-kira 8 jam.

4. Perbedaan jantan dan betina terlihat dari

Umumnya, sapi highland jantan tumbuh lebih besar dan berat daripada betina. Namun, karena ukuran keduanya bisa bervariasi, akan sulit buatmu menebak jenis kelamin mereka. Cobalah menebak dengan melihat bentuk tanduknya.Menurut laman Highland Titles, tanduk pejantan biasanya tumbuh ke depan atau agak ke bawah dan melebar ke samping. Sementara, tanduk betina tumbuh ke atas dan biasanya lebih panjang dari tanduk pejantan.

5. Dagingnya berkualitas

Sapi highland dikenal memiliki daging berkualitas premium. Tak hanya rasa dan teksturnya yang menggoyang lidah, daging mereka juga rendah lemak, rendah kolesterol, dan kaya protein maupun zat besi. Oleh karena itu, daging sapi highland murni dijual dengan harga tinggi.

Nah itulah Sapi Highland  Berambut Fluffy Asal Skotlandia.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar