Ad Code

Responsive Advertisement

5 Fakta Unik Ikan Trompet

 

Badannya panjang, tapi mereka bukan sidat atau belut. Moncongnya seperti trompet, tapi mereka bukan kuda laut. Ikan satu ini namanya trumpetfish atau ikan trompet. Mereka ikan laut bertubuh panjang yang bisa kamu temukan berenang di terumbu karang di tiga samudra dunia. Meskipun tampilannya unik, ikan trompet tergolong makhluk yang cerdas. Mereka punya teknik berburu yang menyesuaikan dengan ukuran mangsanya. Bahkan, salah satu teknik berburunya dilakukan sambil main petak umpet, lho! Seperti apa memangnya? Yuk, simak lima fakta unik ikan trompet yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Mereka tersebar luas dan bisa ditemukan di Indonesia

Ikan trompet bisa kamu temukan berenang di perairan tropis dan subtropis Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Dilansir laman Thoughtco, ikan trompet tiongkok hidup di terumbu karang Samudra Pasifik dan Hindia dengan kedalaman sampai 113 meter. Spesies satu ini merupakan yang terbesar di antara ketiga ikan trompet. Panjangnya bisa mencapai 91 sentimeter. 

2. Kelihatannya gak berbahaya, tapi punya duri

Nama ilmiah ikan ini, yaitu Aulostomus, diambil dari kata-kata dalam bahasa Yunani: aulos berarti "seruling" dan stoma berarti "mulut." Namanya ini terinspirasi dari moncongnya yang panjang seperti sedotan. Pada bagian ujung moncongnya ini terdapat rahang kecil di mana ikan trompet menyedot mangsanya. 

3. Ikan trompet jantan bisa berubah warna

Tiap spesies ikan trompet punya ciri khas warnanya masing-masing. Ikan trompet atlantik barat berwarna coklat kemerahan, tapi juga bisa abu-abu kebiruan dan kuning kehijauan dengan bintik hitam. Ikan trompet tiongkok berwarna kuning, cokelat kemerahan, atau cokelat dengan garis pucat. Sementara ikan terompet atlantik bisa cokelat, biru, hijau, atau jingga, dengan pola garis pucat di sepanjang tubuhnya. 

4. Mengapung terbalik supaya gak dilihat mangsa

Ikan trompet merupakan predator yang cerdik. Menu makanan sehari-harinya berupa ikan dan krustasea. Saat berburu ikan kecil, ikan ini berburu dengan cara mengapung dalam posisi vertikal di dekat karang. Kepalanya ada di bawah dan ekornya berada di atas. 

5. Main petak umpet untuk berburu

Gak cuma ikan kecil, ikan trompet juga berburu ikan yang jauh lebih besar darinya. Saat berburu mangsa besar, ikan trompet memanfaatkan tubuhnya yang ramping untuk bersembunyi di balik ikan yang sedang menjelajah. Saat si ikan bergerak di sepanjang terumbu karang untuk cari makan, mangsa ikan trompet gak bakal mengira kalau ada predator yang mengintai. Ikan trompet tinggal menyedot mangsanya yang gak waspada.

Sungguh menarik, bukan? Di balik penampilannya yang unik, ikan trompet punya kemampuan berburu yang gak bisa dianggap remeh. Bagaimana menurutmu tentang teknik berburu ikan ini? Apa kamu jadi tertarik untuk melihat ikan trompet secara langsung di habitat aslinya? 

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar