Ad Code

Responsive Advertisement

5 Fakta Unik Jamur Enoki

 

Jamur enoki menjadi salah satu jenis jamur yang sering dikonsumsi masyarakat. Terlebih saat sedang makan berkonsep suki ala Jepang, jamur ini pasti ada. Namun, kini penjualan jamur enoki terpaksa dihentikan.Pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI menyebutkan jamur enoki mengandung listeria, infeksi bakteri akibat keracunan makanan. Sebanyak 36 orang dari 17 negera dilaporkan telah terinfeksi, bahkan empat di antaranya meninggal dunia.

Berikut fakta-fakta jamur enoki yang unik.

1. Tanaman Asal China, Jepang, dan Korea

Jamur enoki merupakan tanaman asli China, Jepang dan Korea. Bahkan, orang China menyebut tanaman ini dengan nama 'Jingu' dan Korea menamainya 'Paengi Beoseot'.

2. Nilai Gizi

Jamur ini memiliki banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan bentuk yang panjang, tanaman ini memiliki kalori mencapai 24 Kcal per cup dan bila mengonsumsi sebanyak 65 gram bisa mendapatkan 4.571 mg vitamin B3.

Selain itu, ada kandungan vitamin B5, B1, B2, Fosfor, Besi, Tembaga. Ada juga asam amino, hingga isoleucine dan leucine yang bagus untuk tubuh.

3. Jadi Obat Tradisional

Kandungan asam amino, lisin, ergothioneine bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh orang yang mengonsumsinya. Jamur enoki diketahui telah menjadi salah satu resep pengobatan tradisional Tiongkok dan Jepang untuk penyakit hati, kolestrol, hingga tekanan darah tinggi.

4. Menurukan Lemak Tubuh

Selain memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, mengonsumsi jamur enoki bisa membantu menurunkan lemak dalam tubuh. Pasalnya, jamur tersebut memiliki asam linoleat yang bisa mengurangi lamak dalam usus dan bisa mengaktifkan pembakaran lemak.

5. Mencegah Sembelit

Fakta terakhir dari jamur enoki yang biasanya menjadi campuran sup ini adalah bisa mencegah sembelit. Pasalnya, cukup dengan 12 gram serat dari jamur sama dengan 30-50% serat yang dibutuhkan tubuh manusia per hari.

Nah itulah 5 Fakta Unik Jamur Enoki.

 KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIKSINI )

Posting Komentar

0 Komentar