Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat buah Anggur Mondroop bagi kesehatan

 

Anggur memiliki berbagai macam warna. Ada yang berwarna hijau, merah, dan hitam. Secara garis besar, semua jenis anggur ini punya manfaat yang mirip untuk kesehatan. 

Sama halnya dengan anggur hijau dan merah, anggur hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. 

Kandungan nutrisi dalam anggur hitam meliputi kalori, karbohidrat, gula, kalium, vitamin C, vitamin K, magnesium, tembaga, dan lainnya.

Karena kandungan nutrisinya beragam, tak heran bila ada banyak manfaat anggur hitam untuk kesehatan. Apa sajakah? Simak di bawah ini, ya. 

1. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam anggur hitam lebih banyak ketimbang anggur merah dan anggur hijau. Karena itu, buah anggur hitam berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Anggur hitam memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan resveratrol. Zat resveratrol ditemukan efektif untuk mencegah penyebaran sel kanker.

3. Mengandung Antimikroba

Studi menunjukkan bahwa pil anggur hitam mengandung senyawa antimikroba polifenol dalam jumlah besar. Senyawa polifenol diyakini dapat mengontrol perkembangbiakan mikroorganisme patogen.

4. Menambah Daya Ingat

Kandungan resveratrol dalam anggur hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Percobaan pada hewan menunjukan adanya kandungan resveratrol pada anggur yang bisa meningkatkan fungsi otak. 

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin K

Menurut National Institutes of Health (NIH), vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perdarahan dengan memperlambat pembekuan darah yang sering dialami oleh bayi atau wanita hamil. 

6. Menjaga Kesehatan Mata

Anggur hitam mengandung lutein dan zeaxanthin (termasuk dalam golongan karotenoid) yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Jika dikonsumsi secara rutin dalam porsi tepat, anggur hitam bisa berkhasiat untuk mencegah kerusakan oksidatif serta kebutaan.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Lagi-lagi, kandungan resveratrol dalam anggur hitam mengambil peran besar dalam kesehatan.  Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dalam anggur hitam bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes, karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

8. Melindungi Jantung

Sebuah studi menemukan bahwa anggur hitam dapat melindungi kerusakan organ akibat sindrom metabolik. 

Nah itulah Manfaat buah Anggur Mondroop bagi kesehatan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar