Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis sampah Dapur Yang Dapat Dijadikan kompos

 

Kompos adalah pupuk organik yang dibuat dari bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan. Proses pelapukan ini terjadi karena interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut. 

Jenis Sampah DapurYaitu jenis sampah yang berasal dari sisa-sisa organisme hidup atau bahan-bahan yang bisa terurai secara alami oleh proses penguraian biologis, Nah berikut Ini sobat green 5 jenis sampah dapur yang dapatdijadikan kompos.

1. Sisa Sayuran dan Buah-buahan

Saat memasak, biasanya selalu ada sisa sayuran atau buah-buahan. Misalnya berupa kulit wortel atau kentang, kulit pisang, bonggol sawi, dan sebagainya. Nah, sampah sisa sayur dan buah ini merupakan bahan yang baik untuk dijadikan kompos.

2. Sisa Makanan

Sampah sisa makanan juga bisa diolah menjadi kompos. Contohnya sisa nasi basi, roti yang sudah kedaluwarsa, sayur berkuah atau sup, biji-bijian, olahan telur, dan sebagainya.

3. Cangkang Telur

Selain sisa olahan telur, sisa pengolahan telur seperti cangkang telur juga bisa menjadi bahan pembuatan kompos. Cangkang telur adalah bahan baku kompos yang sangat baik karena kaya akan kalsium.Kandungan tersebut dapat menyuburkan tanaman.

4. Ampas Kopi dan Teh

Ampas kopi dan dedaunan teh yang sudah diseduh juga bisa diolah jadi kompos.

5. Kulit Bumbu Dapur

Saat memasak, kita menggunakan berbagai macam bumbu dapur.Misalnya bawang merah, bawang putih, bawang bombai, kunyit, lengkuas, dan beragam rempah lainnya.

Nah, kulit aneka bumbu dapur tersebut juga merupakan bahan kompos yang baik karena nantinya bisa memberikan nutrisi untuk tanaman.

Itulah macam-macam sampah dapur yang dapat dijadikan kompos. Nah sobat green kami juga ada cara cepat untuk pembuatan kompos cukup 1 hari jadi yaitu dengan mengunakan FORMULA MSG 3. Karena Formula MSG 3 merupakan bakteri aerob oleh sebab itu proses pembuatannya harus terkena sinar matahari dan udara sehingga proses fermentasi komposnya lebih cepat jadi dalam waktu singkat yaitu 1- 2 hari saja.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar