Ad Code

Responsive Advertisement

Gula Impor Lebih Murah Daripda Gula Lokal

Gula, sumber : google

Agribisnismsg3.com-Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Ciamis saat ini belum mampu mengoptimalkan penjualan stok gula putih lokal ke masyarakat, hal ini dikarenakan harga jual dari Bulog kalah saing dengan harga gula impor. 

Bulog ciamis mengeluhkan harga gula lokal jauh lebih mahal daripada harga gula impor dan menyebabkan stok gula di Bulog masih banyak sekitar 400 ton. Jumlah tersebut berasal dari berbagai lokasi yang menjadi kewenangan Bulog Subdrive Ciamis.


Stok gula untuk indonesia aman dan dari pihak Bulog sendiri menuturkan tidak adanya impor di dalam Bulog, gula impor dari luar Bulog yang menyebabkan pasokan gula lokal masih menumpuk. 

Gula, sumber google
Berdasarkan aturan dari pemerintah Bulog menjual gula ke distributor seharga Rp 11.000 dan di tingkat pengecer di patok sebesar Rp 11.300. Dengan harga tersebut tidak dapat bersaing karena harga gula impor lebih murah. 


Menurut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 227 Tahun 2017 disebutkan bahwa harga acuan pembelian gula dari petani yang dilakukan Bulog adalah Rp 9.000 sedangkan harga acuan penjualan tertinggi ke konsumen akhir adalah Rp 12.500 per kg.

Posting Komentar

2 Komentar