Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Sphagnum dan Peranannya


 

 

Sphagnum adalah genus lumut yang mencakup antara 150 dan 350 spesies berbeda. Ini disebut lumut gambut dan ya, seperti namanya, mereka berfungsi sebagai gambut. Hal ini karena spesies ini mampu menahan air di dalam selnya, sehingga menyuburkan tanaman yang berada di dekatnya. Retensinya sangat besar sehingga terkadang mampu menahan lebih dari 20 kali berat keringnya di dalam air.

Sphagnum mengandung zat antikuman sehingga dapat mencegah pertumbuhan mikroba dan jamur. Sphagnum juga mengandung mineral-mineral penting untuk pertumbuhan tanaman. Kandungan unsur-unsur penting dalam sphagnum yaitu N 0,86%, P 0,13%, K 0,80%, Ca 0,30%, Mg0,26%, dan Mn 0,17%.

 Sudah saatnya Sobat Green mengetahui apa saja kegunaan Sphagnum.

1. Membantu mendukung tanaman

2. Hidrasi untuk tanaman.

3. Kelembaban meningkat, juga terkait dengan hal di atas, karena akumulasi air.

4. Menigkatkan PH tanah .

5. Sphagnum Ini digunakan sebagai bahan isolasi, karena sifatnya.

Sphagnum itu mencakup antara 150 dan 350 spesies yang berbeda. Dan inilah jenis jenis yang paling umum dan di kenal  spesies sphagnum .

1. sphagnum affine

2. Sphagnum Magellanium

3. Sphagnum novo-caledoniae

4. Sphagnum subniten

5. Cuidados

6. Orientasi

7. Pencahayaan

8. Humedad

Spaghnum bisa digunakan sebagai media tanam untuk tanaman karnivora dan sebagai campuran media tanam bunga anggrek. Karena sifatnya yang bisa menyimpan air dalam jumlah banyak dan bisa menjaga kelembaban, media tanam ini sangat bagus digunakan untuk mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman karnivora.

Meski diakui sebagai media tanam terbaik, sphagnum belum banyak dimanfaatkan karena di Indonesia, sphagnum hanya dapat ditemukan di daerah dataran tinggi,di atas 1.500 m dpl dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun, misalnya di Gunung Wayang, Pangalengan, Jawa Barat. Kendala ini dapat diatasi bila sphagnum dibudidayakan.

Nah itulah  peranan lumut gambut atau Sphagnum untuk tanaman.  

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar