Ad Code

Responsive Advertisement

5 Bahan Ampuh Untuk Menyuburkan Tanaman


 

Tumbuhan membutuhkan tiga nutrisi untuk bertahan hidup dan berkembang Kalium, Fosfor, dan Nitrogen. Meskipun pupuk kimia yang dibeli di toko biasanya mengandung nutrisi ini, kamu juga dapat menyediakannya untuk tanaman tanpa bahan kimia yang keras hanya dengan membuatnya sendiri.

Beberapa pupuk ini dapat dibuat atau dikumpulkan di rumah menggunakan barang-barang umum dari dapur atau halaman belakang. Bahan alami untuk menyuburkan tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan. Bahkan bahan-bahan ini merupakan limbah yang kerap dibuang begitu saja. Pupuk alami juga memberi suplai makan untuk organisme dan mikroba yang hidup di tanah dan tentunya ramah lingkungan.

Berikut 5 bahan alami yang bisa menyuburkan tanaman.

1. Ampas Kopi

 Ampas kopi merupakan sumber nitrogen yang dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi konsentrasi logam berat di tanah.
Ampas kopi juga bermanfaat untuk mengusir hama perusak tanaman seperti siput dan bekicot.

2. Ampas kelapa

Ampas kelapa juga bisa dijadikan pupuk organik untuk tanaman. Ampas kelapa juga bisa menjadi media tanam yang baik. Hasil penelitian menunjukkan pupuk ampas kelapa ini masih mengandung kandungan kadar protein kasar dan lemak kasar yang masih relatif tinggi.Ampas kelapa bisa membantu penyuburan, membuat tanaman cepat berbunga dan berbuah.

3. Ampas teh

 Ampas teh bisa berfungsi sebagai pupuk organik untuk menyuburkan tanaman. Ampas teh memiliki kandungan Nitrat yang mudah diserap oleh tanaman.Bubuk teh bekas dan daun teh segar mengandung nutrisi dan asam tanat yang ketika ditambahkan ke tanah, menciptakan lingkungan lebih subur untuk tanaman. Karena bubuk teh adalah bahan alami dan organik, mereka meningkatkan kadar nutrisi dan meningkatkan kualitas tanah saat terurai.

4. Cangkang telur

 Cangkang telur mengandung banyak kalsium yang membantu pertumbuhan tanaman. Tanah yang kekurangan kalsium dapat menyebabkan pembusukan dan masalah tanaman lainnya. Cangkang telur terdiri dari 93% kalsium karbonat yang baik untuk tanaman. Kulit telur mengandung sekitar 1% nitrogen, sekitar setengah persen asam fosfat, dan unsur-unsur jejak lainnya yang menjadikannya pupuk organik yang baik.

5. Daun kering

Daun kaya dengan trace mineral, mereka menarik cacing tanah, mereka mempertahankan kelembaban, dan mereka akan membantu membuat tanah yang berat lebih ringan.

 

Nah itu lah 5 Bahan Ampuh Untuk Menyuburkan Tanaman.


KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI ) 

Posting Komentar

0 Komentar