Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Ikan Remora Yang Unik

 


Ikan remora atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Suckerfish adalah spesies ikan dari famili Echeneidae ini memiliki keunikan yang sangat menonjol.Ikan remora diketahui hidup di perairan hangat.

Diketahui bahwa terdapat 8 spesies ikan remora yang ada di seluruh dunia,contohnya Remora brachyptera (Spearfish remora),Remora albescens (White suckerfish),Remora osteochir (Marlin sucker),Remora australis (Whale sucker),dan Remora remora (Shark sucker).

Keunikan dari ikan remora yaitu memiliki alat pengisap yang berfungi untuk menempel di tubuh mamalia atau ikan yang lebih besar dibandingkan tubuhnya, seperti pada ikan hiu,penyu,ikan pari manta dan paus bahkan akan mengikuti ke mana pun mereka pergi.

Ikan ini memiliki panjang tubuh maksimum mencapai 30-90 cm dengan tubuh yang ringan.Ikan remora akan lebih memilih ikan hiu sebagai inangnya karena ikan hiu sendiri berenang cenderung lambat sehingga akan lebih mudah diikuti.

Alat pengisap pada ikan remora berbentuk oval dan seperti piringan. Alat itu berada di atas kepalanya. Bagian pinggir dari alat itu tebal dan empuk sehingga alat itu bisa mengisap dengan kuat permukaan yang ditempelinya. Di bagian dalam alat itu, ada lipatan-lipatan yang berbaris. Di lipatan itu, terdapat tonjolan-tonjolan kecil seperti sisir. Saat lipatan itu naik, tonjolan-tonjolan itu akan menyentuh dan mencengkeram permukaan hewan yang ditempeli remora. Isapan dan cengkeraman dari alat pengisap ini membuat ikan remora bisa terus menempel pada hewan lain dengan kuat

Perlu diketahui bahwa ikan remora bukanlah ikan parasit. Mereka hanya menyantap sisa-sisa makanan dari hewan serta benda yang mereka tempeli.Alasan ikan Remora mengikuti hewan laut lainnya seperti ikan hiu yaitu agar ikan remora tetap aman karena ikan-ikan pemangsa takut pada ikan hiu, selain itu ikan remora lebih mudah mendapatkan makanan karena berasal dari sisa makanan ikan hiu akan tetapi Ikan hiu sendiri tidak diuntungkan atau dirugikan dengan keberadaan ikan remora.

Ikan remora yang menempel pada ikan hiu merupakan contoh simbiosis komensalisme. Yaitu, sebuah hubungan antar dua spesies yang menguntungkan salah satunya namun tidak merugikan yang lainnya.  

Nah itulah fakta unik dari Ikan Remora.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 

Posting Komentar

0 Komentar