Ad Code

Responsive Advertisement

Kelebihan Ternak Kelinci Yang Menguntungkan


 

Kelinci merupakan hewan yang lucu yang banyak di pelihara oleh masyarakat. Selain lucu kelinci pun memiliki nilai investasi yang menguntungkan dan bisa dijadikan peluang bisnis yang besar. Kelinci selain bisa untuk dipelihara, banyak orang yang mencari kelinci untuk di konsumsi. Sudah banyak orang yang gemar mengkonsumsi daging kelinci karena dagingnya yang empuk dan memiliki tekstur lembut.

Harga jual kelinci di pasaran memang cukup tinggi. Menjalankan bisnis ternak kelinci tentu pilihan yang tepat. Nilai jual tinggi, permintaan pasar akan kebutuhan daging kelinci yang besar dan pesaing bisnis yang rendah. Hal inilah yang menjadikan bisnis ternak kelinci sangat menguntungkan.

5 Keuntungan dalam menjalankan bisnis ternak kelinci yaitu sebagai berikut.

1. Menyiapkan Kandang

Dua jenis kandang kelinci yang bisa digunakan, yakni kandang terbuka dan juga kandang tertutup. Kandang sistem terbuka adalah kandang dengan hamparan lahan yang dikelilingi dengan pagar bebas agar para kelinci bisa berkeliaran di dalam kandang tersebut. Kandang tertup adalah Kandang ini diberi suatu pembatas, mulai dari lantai, dinding, hingga bagian atapnya.

2. Pakan Kelinci

Berikutnya yang dibutuhkan untuk budidaya kelinci yaitu pengadaan pakan. Umumnya para peternak kelinci memberi pakan kelinci berupa kombinasi pakan pelet dan pakan sayuran.

3. Cara Mengembangbiakan Kelinci

Tingkat produktivitas kelinci ternak bisa diperhatikan dari tingkat kelahiran kelinci itu sendiri. Kelinci adalah salah satu hewan mamalia yang bereproduksi dengan cara melahirkan anak. Kelinci akan mulai memasuki masa pubertas dan siap kawin di umur 6 hingga 12 bulan, tergantung jenis rasnya.

4. Waktu pemberian pakan

Normalnya, pemberian pakan kelinci baik untuk kelinci hias ataupun pedaging adalah dua kali sehari, pagi dan sore hari. Yang harus diperhatikan, tidak boleh mencampurkan antara pakan pelet dan saturan pada satu pemberian.Sayuran bisa diberikan pada pagi hari dan pelet diberikan sore hari, atau sebaliknya.

5. Proses Panen

Kelinci baru bisa dipanen saat sudah berumur 3 hingga 4 bulan. Umumnya, harga jual hewan ini adalah 80 ribu rupiah per ekor.

Demikianlah penjelasan dari kami tentang cara ternak kelinci yang baik. Cara ternak kelinci di atas bisa Anda jadikan referensi dan masih bisa Anda modifikasi lagi dengan menyesuaikan jumlah dan ras kelinci yang Anda ternak.

 KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar