Ad Code

Responsive Advertisement

5 Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia


 

Di negara-negara tertentu, kelapa dapat tumbuh subur dan bahkan bisa menghasilkan kelapa dalam jumlah sangat banyak. Alhasil beberapa negara sampai disebut sebagai lokasi penghasil kelapa terbesar di dunia.

Kelapa atau cocos nucifera merupakan buah asal Amerika Selatan dan saat ini menjadi salah satu komoditas primadona dunia. Akan tetapi, buah kelapa tidak bisa tumbuh sembarangan di berbagai tempat. Umumnya hanya akan dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Di negara mana sajakah itu? Yuk simak.

1. Indonesia

Indonesia yang memang merupakan negara dengan iklim tropis menjadikannya produsen kelapa nomor satu peringkat dunia. Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara penghasil kelapa terbesar di dunia, dengan rata-rata produksi 18,04 juta ton inti kelapa. Kinerja produksi kelapa Indonesia menyumbang 29,69 persen dari total produksi kelapa dunia.

2. Filipina

Sudah tak heran bila Filipina dikatakan negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Jumlah produksi buah kelapanya tak jauh dari indonesia yaitu 15,4 juta ton per tahun yang menjadikannya sebagai negara kedua penghasil kelapa terbesar di dunia. Kelapa-kelapa itu sendiri kebanyakan berasal dari Pulau Luzon, Visayas Timur, dan Mindanao Selatan.

3. India

India merupakan salah satu negara di Asia Selatan dengan produksi kelapa tertinggi dan dapat menempati peringkat ketiga di dunia. Rata-rata produksi kelapa di negara ini mencapai 11,9 juta ton setiap tahun. Kelapa sendiri merupakan salah satu komoditas terpenting di India.

4. Brasil

Dalam satu tahun, Brasil mampu menghasilkan buah kelapa sebanyak 2.9 juta ton. Panen kelapa yang begitu melimpah didukung oleh iklim tropis negara tersebut. Wajar saja jika Brasil disebut sebagai salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Sebagian besar wilayah penanaman kelapa terbesar di Brasil berada di wilayah utara seperti Roraima.

5. Sri Lanka

Iklim negara Sri Lanka sangat cocok untuk pohon kelapa tumbuh subur. Oleh sebab itu, Sri Lanka menjadi salah satu dari beberapa negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Setiap tahunnya, Sri lanka tercatat mampu memproduksi kelapa sekitar 2.5 juta ton.

Itu dia beberapa daftar negara yang termasuk penghasil kelapa terbesar di dunia.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 

Posting Komentar

0 Komentar