Ad Code

Responsive Advertisement

Peternakan Ayam Petelur Penuhi Kebutuhan Warga

 

Program Ayam petelur Pemerintah Desa (Pemdes) Pagerungan Kecil, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, berhasil memenuhi kebutuhan warga setempat.

Program ketahanan pangan ini bersumber dari Dana desa (DD) Pagerungan kecil tahun anggaran tahun 2022, yang di kelola oleh kelompok masyarakat (Pokmas).

Kepala Desa (Kades) Pagerungan Kecil, Halilurrahman mengatakan program ini sesuai dengan pagu yang tertuang pada dana desa (DD).

“Langkah ini, kami lakukan merupakan kesesuaian dengan program DD,  Alhamdulillah masyarakat merespon bagus, karena sampai saat ini program ayam petelur ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya. Senin (1/5/2023).

Halilirrahman menjelaskan, bahwa capaian 3 tahun ia menjabat sebagai kades pagerungan kecil bukan hal yang mudah, karena masih banyak keinginan masyarakat yang sedang diusahakan.

“Realisasi pembangunan infrastruktur dan penguatan SDM serta pemberdayaan ekonomi masyarakat alhamdulillah sudah memasuki pada tahap pengembangan, tentu memiliki kekurangan karena kami hanya menyesuaikan dengan anggaran yang ada ditambah Pendapatan Asli Desa (PADes). Kedepan pemdes tetap konsisten memasyarakatkan dana desa supaya benar benar tepat dan dirasakan warga kami,” ujarnya.

Hasyim, Pengelola program ketahanan pangan membenarkan, bahwa ia yang ikut merasakan dampak program DD.

Menurutnya, merintis peternakan ayam petelur sampai saat ini sangat membantu memenuhi kebutuhan warga pagerungan kecil.

“Sangat besar sekali dampaknya mas, ditambah kebutuhan telur di Pagerungan sangat banyak. Saya juga sudah minta kepada pihak Pemdes agar dilakukan penambahan jumlah ayam dan lokasi petelurnya,” ungkap Basit.

Jumlah ayam petelur yang dikelola sebanyak 200 ekor ayam dan mendapatkan 9 sampai 11 kg dalam satu hari.

Sumber :maduratoday.com ( KLIK SINI )

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar