Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Kerbau Sumbawa Yang unik

 

Kerbau Sumbawa merupakan salah satu rumpun kerbau lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Pulau Sumbawa, Provinsi NTB dan telah dibudidayakan secara turun-temurun, mempunyai keseragaman bentuk fisik dan komposisi genetik serta kemampuan adaptasi dengan baik pada lingkungan yang ekstrem.

Kerbau Sumbawa mempunyai ciri khas yang berbeda dengan rumpun kerbau lumpur atau kerbau lokal lainnya dan merupakan kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Kerbau (Bubalus) adalah jenis ternak ruminansia besar yang mempunyai potensi besar dalam penyediaan daging dan dan merupakan ternak asli daerah panas dan lembab khususnya daerah belahan utara tropika.

iri-ciri dari kerbau Sumbawa sebagai berikut : warna tubuh dan kepala dominan abu-abu sampai hitam, warna rambut kemerahan sampai abu-abu gelap, warna tanduk bening kekuningan sampai hitam, bentuk tubuh kompak, dengan kaki relatif agak pendek, tanduk jantan dan betina bertanduk besar melengkung kearah samping dan ke belakang.

Kerbau Sumbawa termasuk dalam tipe kerbau lumpur (Bubalus Bubalis). Bagi masyarakat Sumbawa kerbau Sumbawa merupakan ternak penghasil daging sebagai sumber protein hewani, juga menghasilkan susu untuk kebutuhan masyarakat Sumbawa.

Populasi kerbau Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2013 mencapai 114.261 ekor, dan penyebarannya 35,11% berada di Kabupaten Sumbawa yaitu 50.643 ekor. Kerbau Sumbawa yang keberadaannya dan berkembang serta dijadikan komoditas eksport tercatat sejak tahun 1890 sampai dengan 1950-an. Pengiriman ternak ke luar negeri ini ditujukan kepada Negara-negara seperti hongkong, Singapore dan Malaysia serta Negara asia lainnya.

Selain ternak hidup yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Sumbawa, hasil olahan juga memberikan kontribusi yang cukup menjanjikan seperti daging dapat dijadikan abon dan dendeng, produksi susu dapat olah menjadi permen susu, serta tanduk dapat dijadikan olahan untuk souvenir. Selain itu kotoran ternak kerbau juga dapat dijadikan pupuk organik dan sumber energi alternatif (biogas).

Nah itu lah fakta menarik dari kerbau sumbawa.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar