Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Fakta Unik Ayam cemani

 

Ayam cemani adalah salah satu jenis ayam yang paling unik dan berbeda dari ayam kebanyakan. Pasalnya, ayam ini berwarna serba hitam, mulai dari bulu, daging, tulang, dan organ-organ dalamnya.

Karena keunikan bentuk fisiknya tersebut menjadi daya tarik tersendiri, baik bagi mereka yang ingin sekadar membeli atau menelitinya. Di Indonesia sebagai tempat asalnya, ayam ini juga kerap dikaitkan dengan ilmu hitam.

Berikut fakta-fakta unik dari ayam cemani :

1. Disebut Sebagai Ayam Lamborghini

Karena keeksotisannya, ayam ini memiliki harga jual yang sangat tinggi, terutama di luar Indonesia. Bahkan di Amerika Serikat, harga ayam cemani ini bisa mencapai USD2.500. Meskipun mahal, tetap ada saja orang yang mau mengeluarkan uang seharga mobil Lamborghini untuk mendapatkannya.

2. Mengandung banyak hemoglobin

Daging ayam cemani mengandung banyak kalsium dan mineral yang diperlukan tubuh. Menurut penelitian, daging ayam cemani juga lebih banyak mengandung hemoglobin, protein dalam sel darah merah, dibanding ayam kampung biasa. Oleh karena itu, konsumsi ayam cemani sangat baik untuk ibu hamil.

3. Sering digunakan dalam ritual

Cemani yang dalam bahasa Sansekerta berarti hitam legam ini, berasal dari Jawa Tengah dan memiliki kedudukan istimewa di lingkup masyarakat. Ayam cemani dianggap sebagai simbol status, jimat keberuntungan, dan digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan, ayam cemani dipercaya memiliki kekuatan mistik dan sering terlibat dalam sebuah upacara atau ritual.

4. Telur Ayam Cemani Tidak Hitam

Banyak juga yang mengira bahwa telur ayam cemani berwarna hitam. Padahal sebenarnya, telur ayam ini berwarna cokelat muda seperti krim.

5. Aman Dikonsumsi

Ayam cemani kini memang lebih dikenal sebagai ayam hias peliharaan, namun pasti Moms penasaran apakah dagingnya bisa dimakan. Faktanya, daging ayam ini aman dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa meski warna dagingnya juga hitam. Namun warna dagingnya tidak segelap warna hitam bulunya.

Nah itu lah dia fakta unik dari ayam cemani atau ayam hitam

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar