Ad Code

Responsive Advertisement

Tips agar ikan nila cepat tumbuh besar

 

Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia.

Kendala dalam membudidayakan ikan nila salah satunya pertumbuhannya yang lambat, padahal dari segi pakan sampai perawatan sudah terpenuhi. Lalu bagaimana cara agar ikan nila cepat besar? Yuk simak beberapa cara agar ikan nila tumbuh besar.

4 Cara Agar Ikan Nila Cepat Tumbuh Besar :

1. Pemilihan Jenis Pakan

Cara agar ikan nila cepat besar yang bisa anda lakukan pertama kali adalah dengan memilih jenis pakan yang tepat. Pakan yang tepat untuk ikan nila harus memenuhi nutrisinya.

2. Perbaikan Kualitas Air Kolam

Cara mempercepat pertumbuhan ikan nila selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memperbaiki kualitas air kolam. Anda bisa memperbaiki warna air, suhu, pH, kandungan oksigen, karbondioksida, dan amoniak.

3. Memantau Kesehatan Secara Berkala

Supaya ikan nila cepat besar, anda juga harus memantau kesehatannya secara berkala. Pastikan anda memiliki jadwal rutin untuk memeriksa kondisi kesehatan ikan. Ikan yang sakit bisa terlihat dari badannya yang suka terbalik, tidak bisa makan dengan benar, dan sering mengosok badannya ke tepi kolam.

4. Penambahan Suplemen

Cara merawat ikan nila biar cepat besar terakhir yang harus anda lakukan adalah menambahkan suplemen. Suplemen dan vitamin menjadi komponen yang cukup penting dalam cara merawat ikan nila agar cepat besar. Ada banyak suplemen yang bisa anda berikan untuk ikan nila. Namun, pastikan anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan ikan nila dan keuangan anda. Salah satu jenis suplemen yang memiliki kandungan kompleks yang bagus untuk perkembangan ikan nila yaitu Ranika Msg 3.

Nah Itula Beberapa Tips agar ikan nila cepat tumbuh besar.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar