Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal ayam hias chamois

 

Chamois merupakan salah satu varian dari ayam poland atau ayam jambul. Disebut ayam jambul karena di bagian kepalanya terdapat jambul yang membahana. Selain bentuk yang unik, chamois memiliki perpaduan warna yang cantik. Yakni oranye dan putih di bagian lehernya. Dibanding varian ayam poland lainnya, chamois tergolong varian baru yang masuk di Indonesia. Sehingga penyebarannya pun belum terlalu banyak. chamois mulai masuk di tanah air sekitar dua sampai tiga tahun belakangan.

Yang membedakan chamois dari varian ayam poland lainnya yakni terletak pada bulunya. Sebab, chamois memiliki pola bulu yang lebih rapi ketimbang varian lain. Juga tergolong ayam hias yang lincah dan jinak. Secara fisik, chamois memiliki tubuh yang cenderung lebih kecil dibandingkan ayam lokal. Di pasaran, harga ayam hias ini juga terbilang cukup bagus. Satu chamois bisa dibanderol hingga jutaan rupiah.

Jenis Jenis Ayam Chamonis yaitu sebagai berikut :

1. Ayam Chamonis Bertanduk

Ayam chamonis bertanduk merupakan jenis ayam yang memiliki jengger yang mirip seperti tanduk sehingga banyak yang menyebutnya Ayam chamonis Tanduk dan merupakan jenis ayam chamonis yang terbilang lebih indah karena tanduk yang ada di kepalanya.

2. Ayam Chamonis Galur Murni

Ayam chamonis Galur Murni merupakan jenis ayam poland yang mempunyai karakteristik bulu berwarna tunggal, seperti warna hitam atau abu-abu dengan jambulnya berwarna putih.

3. Ayam Chamonis Three Colour

Ayam ChamonisThree Colour merupakan salah satu jenis chamonis yang memiliki warna lebih dari 2 sesuai namanya 3 warna dan menjadi salah satu jenis ayam chamonis yang sangat banyak peminatnya mau dari luar dan di dalam Indonesia.

4. Ayam Chamonis Walik

Selain diketahui untuk jenis ayam chamonisdi atas, ada juga Ayam chamonis Walik juga merupakan jenis Ayam chamonis yang tidak jauh berbeda dengan Ayam jambul lainnya.

Cara Membedakan Ayam Chamonis Jantan dan Betina

Cara membedakan ayam chamonis jantan dan betina terdapat dari jenggernya. Ayam chamonis jantan memiliki jengger seperti tanduk berwarna merah. Sedangkan betina, tidak akan terlihat jengger nya karena tertutup bulu jambulnya.

Nah itulah penjelasan Ayam chamonis atau Ayam poland.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar