Ad Code

Responsive Advertisement

Cara efektif agar tanaman cepat tumbuh besar

 

Cara membuat tanaman cepat tumbuh dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu yang pertama dengan memperhatikan prosedur pemberian pupuk yang tepat kemudian mengetahui bagaimana faktor yang mendukung tanaman tumbuh cepat.

Jika melihat tanaman tumbuh dengan subur kemudian berbunga dan berbuah tepat waktu tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Namun bagaimanakah dengan tanaman yang sulit tumbuh? Hal tersebut sering membuat kecewa terlebih jika tanaman mati begitu saja.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menentukan tumbuh tidaknya atau setidaknya cepat atau lambatnya tumbuh suatu tanaman.

Faktor Internal

1.      Gen, adalah substansi pembawa sifat dari induk yang diwariskan pada keturunannya. Gen ini dapat mempengaruhi ciri tanaman mulai dari rasa buah, warna bunga, tinggi tanaman, dan lain sebagainya.

2.       Hormon, adalah zat yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja pada tumbuhan. meskipun kadar hormonnya hanya sedikit, ternyata hormon tersebut mampu memberikan pengaruh yang besar pada pertumbuhan tanaman.Untuk meningkatkan horman pada tanaman bisa berikan ZPT MSG 3  pada tanaman karena ZPT MSG 3 dapat berpengaruh nyata untuk memacu, menghambat atau merubah pertumbuhan, perkembangan dan pergerakan tanaman.

Faktor Eksternal

1.      Nutrisi, adalah sumber makanan yang sangat diperlukan oleh tanaman seperti unsur hara dan mineral.

2.      Suhu, adalah penunjang pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman.  Pertumbuhan tanaman sangat dipengaruhi suhu. Setiap spesies ataupun varietas tanaman memiliki rentan terhadap suhu tertentu, yaitu suhu minimum, optimum dan maksimum. Jika lingkungan suhu minimum maka tanaman tidak akan tumbuh.

3.      Cahaya, Merupakan hal terpentiong yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

4.      Air dan Kelembaban, adalah faktor penting yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang tanaman. Kelembaban mempengaruhi keberadaan air yang dapat diserap oleh tanaman mengurangi penguapan. Kondisi ini sangat mempengaruhi sekali terhadap pemanjangan sel.

5.      Tanah, Adalah media tanam yang juga dapat mempergarui perkembangan tanaman. Tanah Dikatakan Sebagai media untuk tumbuhnya tanaman secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran penopang tegak tumbuhnya tanaman dan penyuplai kebutuhan air dan udara, secara kimiawi berfungsi sebagai gudang dan penyuplai hara atau nutrisi dan unsur-unsur esensial.

Nah itulah beberapa faktor agar tanaman cep[at bertumbuh besar.

   

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI ) 

Posting Komentar

0 Komentar