Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Ikan Sembilang yang Beracun Tapi Bermanfaat

 

Ikan sembilang adalah anggota dari suku Plotosidae, suatu kelompok ikan berkumis. Penciri khas yang membedakannya dari kelompok lainnya adalah menyatunya sirip punggung kedua, sirip ekor, dan sirip anus sehingga bagian belakangnya tampak seperti sidat. Dalam bahasa Inggris ia disebut "ikan berkumis ekor Sidat".

ikan sembilang juga memiliki patil seperti halnya dengan ikan lele. Jumlah patil yang ada pada tubuh ikan sembilang sebanyak tiga buah, yaitu di punggung dan dua di bagian sirip, tak hanya itu, ikan ini juga memiliki sungut yang digunakan sebagai alat peraba untuk merasakan kehadiran mangsanya, terutama pada waktu malam dan di air yang keruh. Meski beracun, ikan Sembilang ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Dibalik racun yang dimiliki oleh ikan ini ada hal baik yang juga kita bisa manfaatkan, berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari ikan Sembilang untuk tubuh.

1. Pelindung Jantung

Manfaat umum yang dimiliki oleh sebangsa ikan adalah kandungan zat asam lemak tak jenuh, yakni omega.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kegunaan asam lemak tak jenuh jenis Omega 3 yang mengandung DHA dan EPA adalah mampu mengontrol lemak.

3. Mencegah Penggumpalan Darah

Fungsi lain yang anda dapatkan dari Omega 3 adalah mampu membantu untuk penggumpalan darah. Karena jaringan protein yang dihasilkan membantu pekerjaan fibrinogen. Yakni dalam proses pembentukan benang-benang fibrin untuk menutup luka.

4. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Ini juga berita yang bersumber dari orang Jawa Barat. Mereka mengatakan bahwa pernah mengalami kesakitan saat menstruasi. Namun setelah mengonsumsi ikan sembilang, rasa sakit mulai berkurang.

5. Pembentukan Sel Otak

Fungsi yang paling penting dihasilkan oleh asam lemak omega 3 adalah membantu pembentukan jaringan otak.

6. Pertumbuhan Anak

Kandungan ikan sembilang ini adalah kaya akan protein yang bagus untuk pertumbuhan anak. Salah satu nutrisinya adalah Leusin yang membantu untuk perombakan dan pembentukan otot.

Itulah beberapa manfaat ikan Sembilang yang beracun, meskipun memiliki racun pada bagian patilnya tetapi ada manfaat yangbisa kita dapatkan dan tak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah mengkonsumsinya. Tertarik untuk mengkonsumsi?

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar