Ad Code

Responsive Advertisement

Budidaya Ikan Wader Sikecil Banyak Gizi

 

Ikan wader (spotted barb) merupakan ikan уаng berukuran kecil hіnggа sedang, maksimal panjangnya 100 mm. Pada habitat aslinya, ikan wader bіѕа mencapai panjang 170 mm atau 17 cm. Ciri lаіn ikan wader уаіtu memiliki kumis (sungut) уаng berjumlah empat helai pada ujung moncongnya.

Ikan wader jenis bintik dua merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar di Indonesia. Ikan wader diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi, maka dari itu populer untuk dikonsumsi dalam berbagai macam bentuk seperti lauk atau snack. Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, berikut tata cara budidaya ikan wader:

1. Siapkan kolam ikan

Untuk memulai budidaya ikan wader, tahap pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan kolam untuk tempat budidaya ikan. Terdapat dua macam kolam yang dapat digunakan, yaitu kolam untuk induk dan kolam pembenihan bibit baru.

2. Bersihkan kolam

Sebelum memulai, keringkan kolam terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang terdapat pada kolam. Bersihkan kolam untuk menjaga agar ikan wader terhindar dari benih-benih bakteri, jamur, dan penyakit.

3. Pemisahan induk

Setelah kolam siap dan bersih, lakukan pemisahan jenis ikan wader. Induk ikan wader harus dipisahkan dari kolam bibit ikan karena takut induk ikan wader akan memakan telur atau larva mereka.

4. Pakan induk

Setelah dipisah, induk ikan wader harus diberi makan pelet atau ampas tahu agar segera mematangkan gonadnya. Gonad merupakan kelenjar yang memproduksi cairan gamet yang dapat menarik ikan jantan untuk membuahi sel telur mereka.

5. Pemisahan larva dan benih ikan wader

Setelah benih ikan wader menetas, proses selanjutnya adalah memindahkan benih-benih tersebut ke kolam tersendiri. Benih ikan wader biasanya akan memakan plankton atau lumut yang tumbuh di kolam.

6. Beri benih ikan wader nutrisi

Untuk mempercepat pertumbuhan, benih ikan wader bisa diberi asupan nutrisi lain. Pemberian nutrisi tambahan dapat dilakukan melalui kuning telur ayam rebus yang dihaluskan. Memberi kuning telur ayam rebus secara rutin akan memberi bibit-bibit tersebut pasokan protein yang penting bagi pertumbuhannya.

Nah Itulah beberapa Budidaya Ikan Wader Sikecil Banyak Gizi.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar