Ad Code

Responsive Advertisement

5 Fakta Unik Ayam Mutiara

 

Ayam mutiara atau dikenal dengan nama guineafowl dalam bahasa Inggris merupakan jenis unggas yang tergolong dalam ordo Galliformes bersama ayam, ayam puyuh, sampai ayam kalkun. Selain cantik, ayam mutiara menawarkan berbagai manfaat bagi manusia, lho. Tahukah kamu kalau unggas ini bisa menjaga hewan ternak? Yuk, simak sembilan fakta unik ayam mutiara atau guineafowl yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Bukan asli Indonesia

Kalau kalian berpikir ayam mutiara ini berasal dari Indonesia, kalian salah. Karena nyatanya ayam dengan corak polkadot ini berasal dari dataran Afrika yang jauh di sana. Karena keindahannya, banyak orang yang kemudian memperjualbelikan ayam yang satu ini.Di Indonesia sendiri ayam ini lebih sering dipelihara.

2. Sepintas mirip dengan kalkun

Kalau kalian lihat foto ayam yang satu ini, kalian mungkin berpikir kalau ini adalah kalkun. Nyatanya hal tersebut salah.Iya, sih, baik ayam mutiara maupun kalkun punya banyak persamaan. Tapi biar begitu, keduanya adalah jenis unggas yang berbeda. Ukuran ayam ini relatif lebih kecil dibanding kalkun.

3. Punya kemampuan untuk terbang

Satu hal yang belum banyak diketahui orang adalah: ayam ini punya kemampuan untuk terbang. Bahkan ia bisa dengan mudah mencapai ranting pohon.Hal ini jelas berbeda dengan kalkun yang nggak punya kemampuan demikian dan hanya mengandalkan kemampuan kaki untuk berlaku dan melompat semata.

4. Hidup di lingkungan sabana

Di negara asalnya: Afrika, ayam mutiara hidup di dataran sabana. Ini adalah dataran di mana mereka bisa berkeliara dengan bebas dan hidup bergerombol.

5. Hidup bergerombol 

Layaknya unggas pada umumnya, ayam mutiara juga hidup bergerombol. Mereka biasanya senang pergi bersama dengan jumlah yang relatif banyak. Selain memudahkan aktivitas, cara ini juga dinilai lebih aman. Utamanya untuk menjaga mereka dari para predator.

Itulah tadi beberapa fakta unik tentang ayam mutiara. Perlu diketahui bahwa fakta di atas hanya sebagian kecil dari banyak hal menarik yang bisa kalian pelajari dari unggas yang satu ini.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar