Ad Code

Responsive Advertisement

5 Sayuran yang Beracun Bila Dikonsumsi Mentah

 

Sayuran juga mengandung segudang nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, selain tentunya kaya serat. Oleh karenanya, banyak pola makan sehat yang menganjurkan kita untuk selalu menambahkan sayuran ke dalam menu makanan sehari-hari.

Supaya kandungan nutrisinya tak banyak berkurang, orang suka mengolahnya seminim mungkin. Bahkan, tak sedikit pula yang mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Meski begitu, beberapa sayuran justru tak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah-mentah, lho. Pasalnya, terdapat komponen tertentu di dalamnya yang bisa beracun dalam tubuh.

1. Terung

Jangan sesekali mengonsumsi terung tanpa memasaknya terlebih dahulu. Sama seperti kentang, terung mengandung komponen solanin yang beracun. Biasanya, senyawa tersebut paling banyak ditemukan pada terung muda. Untuk mencegahnya, selalu masak sayuran ungu ini terlebih dahulu sampai matang. Namun, bila disantap dalam keadaan mentah, umbi ini bisa beracun dan berbahaya. Kentang mengandung karbohidrat yang sulit untuk dicerna, dan bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung.

2. Kentang

Mengandung karbohidrat, kentang kerap dikonsumsi sebagai makanan utama. Bahan makanan ini juga cenderung fleksibel, bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan.

3. Jamur

Jamur kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Teksturnya yang kenyal juga membuatnya sangat nikmat untuk dijadikan pengganti daging. Hanya saja, jangan pernah menyantapnya dalam keadaan mentah.

4. Taoge

Kecambah atau taoge mentah berisiko menjadi racun karena adanya bakteri patogen yang bisa masuk ke dalamnya; bahkan sebelum sayuran ini tumbuh.

5. Kacang merah

Jenis kacang-kacangan ini merupakan salah satu sumber protein dan serat yang amat baik, khususnya bagi vegetarian.Hanya saja, bila dimakan mentah atau kurang matang, kacang merah bisa menyebabkan mual parah, muntah, dan diare.

Nah, beberapa sayuran di atas jangan sampai kamu konsumsi secara mentah ya bila tak ingin mendapatkan efek negatif karenanya. Mana yang kamu baru ketahui?

 KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar