Ad Code

Responsive Advertisement

5 Alat Pertanian Modern Dan Fungsinya

 

Alat berat kini tidak hanya digunakan pada industri konstruksi atau pertambangan, tetapi juga industri pertanian. Alat-alat pertanian canggih modern ini menjadi solusi bagi para petani untuk meraih kesuksesan. Petani tidak perlu lagi menggunakan alat pertanian tradisional seperti hewan atau tenaga manusia.

Memang, beberapa harga alat pertanian modern terbilang cukup mahal. Namun, jika dibandingkan dengan alat pertanian tradisional, biayanya bisa lebih murah. Manfaat lain dari penggunaan alat berat pertanian adalah dapat menghemat waktu dan tenaga petani.

Berikut ini lima alat pertanian modern yang wajib kamu tahu sebagai anak pertanian atau untuk kamu yang ingin bertani.

1. Traktor

Alat berat traktor digunakan oleh para petani untuk mengolah lahan pertanian. Setidaknya ada tiga jenis traktor yang digunakan untuk pertanian, yaitu traktor besar, traktor mini, dan traktor tangan. Untuk petani perorangan umumnya menggunakan traktor mini dan traktor tangan sementara traktor besar digunakan untuk petani yang memiliki lahan luas seperti perkebunan.

2. Rotavator

Alat pertanian canggih yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan traktor, yaitu mengolah tanah. Hanya saja, rotavator untuk dua tahap pengolahan.Tahap pengolahan pertama yaitu mencacah tanah dengan cara membolak-balikkan tanah. Dan tahap kedua untuk merapikan tanah sekaligus menghancurkan tanaman liar yang mengganggu lahan.

3. Garu Piring dan Garu Sisir

Garu piring adalah alat berat pertanian yang digunakan untuk mencabut rumput-rumput di tanah sebelum petani mulai melakukan penanaman. Sementara garu sisir digunakan setelah tanah diolah menggunakan bajak singkal. Biasanya garu sisir digunakan saat sawah dalam keadaan basar agar tanah dapat gembur.

4. Sprayer

Sprayer adalah solusi bagi para petani yang memiliki keterbatasan lahan dan juga petani yang tidak memiliki saluran irigasi. Alat ini digunakan untuk menyiram air, pupuk, atau pestisida ke tanaman pertanian. Alat yang satu ini memiliki panjang ukuran mulai dari 18 hingga 37 meter.

5. Combine Harvester

Alat dan mesin pertanian combine harvester memiliki fungsi sebagai pemotong, pemegang, perontok, dan pembersih untuk hasil tani dan tanah. Untuk petani skala kecil, alat ini dioperasikan oleh dua orang dimana yang satu mengendalikan mesin dan memegang hasil panen. Combine harvester bisa juga digunakan untuk pertanian skala besar di mana petani mengoperasikan melalui mesin kemudi saja.

Nah itulah 5 Alat Pertanian Modern Dan Fungsinya.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar