Ad Code

Responsive Advertisement

5 Fakta Unik Wasabi Anggota Kubis Asal Jepang

 

Wasabi adalah tanaman asli Jepang, di mana parutan rimpang (rizoma) dinikmai sebagai penyedap berbagai masakan Jepang tak hanya sushi dan sashimi, tetapi juga soba dan ochazuke. Sebagian besar orang mengenal wasabi untuk disajikan dengan sushi atau sashimi.

Wasabi terkenal dengan aroma yang harum dan kuat seperti mustard kering atau lobak pedas. Untuk alasan tersebut, terkadang wasabi digunakan sebagai pengganti keduanya. Wasabi juga memiliki rasa yang kuat yaitu manis, harum, pedas, dan beraroma dalam. Rasa tajamnya menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tetapi rasa pedasnya tidak seperti cabai.

1. Anggota Keluarga Kubis

Dari bentuknya yang segar, banyak orang yang menganggap bahwa wasabi seperti jahe, yaitu bumbu sekaligus obat yang berasal dari akar, padahal, tanaman herba ini adalah bagian dari keluarga Brassica, termasuk kubis, lobak pedas, dan mustard, serta memiliki banyak kesamaan dengan kubis. Wasabi kadang-kadang disebut lobak Jepang, tapi itu tidak benar, karena lobak adalah tanaman yang terpisah.

2. Budidaya Wasabi Sulit

Budidaya wasabi (Wasabia japonica), yang berasal dari abad ke-10 di Jepang tergolong sangat sulit. Berdasarkan tempat penamaan, wasabi terbagi menjadi dua jenis, yaitu wasabi air (sawa wasabi) yang ditanam di anak sungai (hatake wasabi), yang ditanam di ladang. Wasabi air memerlukan air yang bersih dan sejuk di tanah berpasir yang hara. Habitat alaminya adalah lembah sungai pegunungan Jepang. Suhu ideal untuk membudidayakan wasabi adalah dengan lingkungan yang sejuk dan lembab, sementara baian batangnya terendam di sepanjang dasar sungai.

3. Wasabi Itu Mahal

Berkaitan dengan poin sebelumnya, fakta wasabi lainnya adalah harga asli dari wasabi itu mahal. Proses panen wasabi yang sulit untuk ditumbuhkan secara komersial di dunia menjadi faktor utama yang menjawab fakta tersebut. Cara panen yang salah bisa mengakibatkan kegagalan panen wasabi.

4. Wasabi Asli Cepat Kehilangan Rasanya

Mengingat adanya wasabi imitasi demi memenuhi permintaan wasabi, sehingga banyak produsen yang melakukan segala cara, dan bagi konsumen, mengetahui sedikit ciri wasabi imitasi adalah hal penting. Fakta wasabi lainnya adalah wasabi yang 100% asli cenderung cepat kehilangan rasanya. Ini merupakan bagian penting jika Anda mencari wasabi asli.

5. Daya simpan wasabi tinggi

Berbanding terbalik dengan wasabi yang sudah diparut, wasabi yang masih utuh justru akan tetap mempertahankan rasanya meski disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan mencapai beberapa bulan.

Nah itulah 5 Fakta Unik Wasabi Anggota Kubis Asal Jepang.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )


Posting Komentar

0 Komentar