Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis Sayuran Yang Beracun

 

Sayuran merupakan menu penting yang harus dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi harian. Meski begitu, tidak semua jenis sayur yang dikonsumsi secara rutin dapat membuat tubuh sehat. Beberapa jenis sayuran malah berrisiko buruk bagi kesehatan.

Ada macam-macam sayuran yang tidak baik apabila dikonsumsi berlebihan, karena memiliki kandungan racun. Tanpa disadari, Anda sering mengonsumsi buah dan sayuran beracun. Berikut macam-macam sayuran yang tidak baik dikonsumsi berlebihan karena mengandung racun.

1. Terong-terongan

Terong-terongan, terutama yang masih mentah, mengandung senyawa toksik yang disebut solanine. Solanine dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mual, dan sakit perut. Oleh karena itu, terong-terongan selalu harus dimasak sebelum dikonsumsi.

2. Kubis

Beberapa jenis kubis, seperti kubis liar atau kubis liar, mengandung senyawa kimia yang disebut sinigrin. Ketika kubis dihancurkan atau digigit, sinigrin diubah menjadi senyawa yang disebut isotiosianat yang dapat menyebabkan iritasi pada perut dan usus.

3. Kacang polong

Kacang polong mentah mengandung senyawa kimia yang disebut aklaloid dan dapat beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Kacang polong mentah juga dapat mengandung enzim yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

4. Tomat hijau

Tomat hijau mengandung tomatin, senyawa toksik yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan gangguan pencernaan. Tomat hijau sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan atau dimakan mentah.

5. Labu dan mentimun alam

Beberapa jenis labu dan mentimun liar mengandung senyawa toksik yang disebut cucurbitacin. Cucurbitacin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat beracun.

Penting untuk diingat bahwa banyak sayuran yang beracun ini aman untuk dikonsumsi setelah dimasak dengan benar. Penting untuk selalu memasak sayuran dengan benar dan memastikan bahwa Anda menghindari konsumsi dalam jumlah yang berlebihan untuk mengurangi risiko keracunan.

 KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar