Ad Code

Responsive Advertisement

Keuangan Tak Lagi Jadi Hambatan Peternak

 

Industri peternakan di Indonesia merupakan salah satu pilar ketahanan pangan dengan pertumbuhan yang menjanjikan. Pada tahun 2022, industri peternakan telah berkontribusi 1,58% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Akan tetapi, akses keuangan bagi para peternak seringkali menemui hambatan karena berbagai risiko yang dimiliki.

Berkaca dari hal tersebut, Chickin Indonesia, perusahaan agritech di industri peternakan ayam bersama KoinWorks, neobank untuk UMKM pertama di Indonesia, melanjutkan kemitraan untuk menyediakan solusi pembiayaan yang krusial bagi para peternak ayam di berbagai daerah di Indonesia.

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi para peternak yang menghadapi kendala akses keuangan untuk pertumbuhan ayam ternak secara berkelanjutan.

KoinWorks dan Chickin Indonesia bergabung untuk mengatasi kendala ini melalui supply chain financing, melalui program Partner Eksklusif Ternak Ayam Produktif (PETRUK).

Program yang telah berjalan sejak tahun 2023 ini dikenal dengan nama PETRUK (Partner Eksklusif Ternak Ayam Produktif). Melalui program ini, peternak ayam di ekosistem Chickin dapat mengakses permodalan dari KoinWorks dengan mudah dan cepat.  Program ini memiliki beberapa produk diantaranya:

Sapronak paylater yang memudahkan peternak mendapatkan akses permodalan pakan, bibit dan obat

Capex financing yang memudahkan peternak untuk membangun dan mengupgrade kandang yang lebih besar serta menerapkan IoT smart farming.

“Chickin hadir melalui program PETRUK, membantu peternak dengan menghubungkan peternak secara langsung dengan institusi finansial agar mereka bisa tumbuh dari sisi finansial. Kerja sama dengan KoinWorks ini memungkinkan peternak mendapatkan modal sampai Rp 2 miliar yang diharapkan mampu menggandakan sircular impact yang Chickin berikan kepada peternak,” kata Ashab Alkahfi, Founder & President Chickin.

Sumber : www.liputan6.com ( klik sini )

Konten menarik tentang dunia agribisnis ( klik sini )

Posting Komentar

0 Komentar