Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis Domba Yang Cocok Untuk Qurban

Domba atau biri-biri merupakan salah satu jenis hewan ternak yang juga diternakkan di Indonesia. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak kambing atau sapi, domba menjadi salah satu hewan yang juga menjadi primadona bagi para peternak dalam segi prospek penghasilan. Menjelang perayaan Idul Adha di tanggal 17 Juni nanti, tentunya domba menjadi salah satu pilihan hewan Kurban yang cukup lazim diburu oleh banyak orang selain kambing dan sapi.

Banyak terdapat beberapa jenis domba di dunia yang lazim diternakkan untuk dijadikan domba pedaging. Di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa jenis domba yang diternakkan terutama untuk diambil dagingnya. Berikut 5 jenis domba yang cocok untuk qurban.

1. Kambing Etawa

Kambing Etawa sebenarnya bukan hewan asli Indonesia, melainkan berasal dari India. Namun kambing Etawa sudah lama diternakkan secara lokal di Indonesia. Di India, kambing Etawa dikenal dengan nama Jamnapari. Kambing Etawa memiliki fisik yang lebih tinggi daripada kambing lain, yakni 90-100 cm. Berat kambing Etawa berkisar 70-90 kg. Ciri khas kambing Etawa adalah rambut yang berada di sekitar kepala dan leher. Selain diambil dagingnya, kambing Etawa juga kerap diambil susunya. Susu kambing Etawa diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

2. Domba Garut

Tentunya jika berbicara domba di Indonesia, sebagian besar orang akan menyebut nama domba Garut. Domba garut sendiri merupakan domba lokal hasil persilagan antara beberapa jenis domba. Domba ini diketahui sudah mulai dikembangbiakkan sejak akhir abad ke-19 hingga 20 di wilayah Jawa Barat. Domba yang dikenal sebagai domba aduan ini ternyata juga dapat diternakkan untuk diambil daging dan kulitnya.

3. Kambing Jawa

Jenis kedua adalah kambing Jawa atau disebut juga kambing Kacang. Kambing ini sering dijumpai di Indonesia dengan warna bulu mayoritas berwarna tunggal putih, hitam, cokelat, atau kombinasi. Bulu kambing Jawa tidak terlalu panjang, kecuali bagian ekor dan dagu. Kambing Jawa dikenal sangat cepat berkembang biak.  Berat tubuh kambing Jawa jantan dewasa dapat mencapai 30 kg.

4. Domba Ekor Tebal

Jenis domba ini juga dikenal dengan nama domba gibas atau kibas. Hal ini dikarenakan bentuk ekornya yang menebal seperti sedang mengibas. Domba jenis ini cukup lazim diternakkan di wilayah Indonesia timur. Di beberapa tempat, domba ini juga dikenal dengan nama domba Donggala. Domba ini juga sering ditemui menjadi hewan kurban di beberapa tempat.

5. Domba Merino

Domba Merino dikenal dengan ciri fisik bulunya yang tebal. Sehingga domba Merino bisa dimanfaatkan daging, susu, dan bulunya. Kambing Merino berasal dari Spanyol dan menyebar di sejumlah negara Eropa. Namun saat ini mencari kambing Merino untuk kurban di Indonesia tidaklah terlalu sulit. Tidak sedikit pedagang kambing yang menjual kambing Merino dengan melalui pemesanan terlebih dahulu alias pre order.

Nah itu 5 domba yang cocoj untuk qurban.

KONTEN MENARIK TENTANG AGRIBISNIS


Posting Komentar

0 Komentar