Ad Code

Responsive Advertisement

Ayam Tukung, Unggas Unik Yang Tak Memiliki Brutu

 

Ayam Tukung adalah jenis unggas yang sangat unik dan menarik perhatian karena ciri khasnya yang berbeda dari ayam pada umumnya. Salah satu ciri khas yang membedakan Ayam Tukung adalah ketiadaan brutu, yaitu bagian kaki atau jari-jari yang biasanya ada pada ayam biasa. Brutu adalah struktur yang sering ditemukan pada ayam yang berfungsi untuk mencengkeram dan berjalan.

Karena tidak memiliki brutu, Ayam Tukung menunjukkan adaptasi dan keunikan tersendiri dalam cara hidupnya. Mungkin ada perubahan dalam perilaku atau cara beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dari ayam dengan brutu. Selain itu, Ayam Tukung juga mungkin memiliki keunikan lain dalam penampilan atau karakteristiknya yang membedakannya dari jenis unggas lainnya.

Ayam tukung ini merupakan menjadi endemik Kalimantan Barat. Penyebaran ayam tukung di Kalimantan Barat meliputi wilayah Kabupaten Sambas, seperti daerah Selakau, Pemangkat, Tebas, dan Sambas. Wilayah Kabupaten Bengkayang, wilayah Kota Singkawang, dan wilayah Kabupaten Pontianak.

Yang masih eksis saat ini terdapat di Kabupaten Landak, khususnya di Kecamatan Mempawah Hulu. Beberapa para ahli menyebutkan keberadaan ayam tukung berada di daerah hulu, seperti Kabupaten Sanggau, Sintang, hingga Kapuas Hulu.

Menurut kepercayaan pemangku adat (Temenggung) Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, meyakini bahwa ayam tukung berasal dari ayam tabulangking. Ayam Tabulangking adalah sejenis ayam hutan yang hidup liar di hutan-hutan Kalimantan Barat.

Ayam Tukung mirip seperti burung puyuh besar akan tetapi berpenampilan seperti ayam kampung, dengan kepala yang relatif lebih kecil dan jengger berbentuk bunga (pea). Berat badan ayam tukung saat dewasa pada ayam jantan sebesar 1,7–2,5 kg sedangkan pada ayam betina sebesar 1,2–1,7 kg.

Jika kamu tertarik dengan Ayam Tukung, akan sangat menarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang bagaimana unggas ini hidup dan beradaptasi dalam habitatnya serta bagaimana ciri khasnya mempengaruhi cara mereka bertahan hidup.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar