Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Mengatasi Daun Cabai Yang Kriting

 

Cabe merupakan tanaman yang mudah terserang penyakit, salah satunya adalah daun keriting yang membuat pertumbuhan cabe terhambat. Kondisi ini harus segera ditangani dengan mengetahui cara mengatasi daun cabe yang keriting.

Penyakit daun keriting pada cabe terjadi karena beberapa penyebab, bisa karena OPT berupa serangga yang membawa penyakit keriting.

Penyebab selanjutnya yakni karena virus mosaik yang masuk ke jaringan tanaman sehingga membuat daun mengkerut, mengecil, muncul bercak kuning di seluruh daun, dan keriting.

Untuk mengatasi masalah tersebut, inilah cara-caranya :

1. Menyemprotkan Air dari Larutan Cuci Piring

Cara ini cukup mudah untuk mengatasi daun cabe yang keriting. Caranya dengan mencampurkan 1,5 liter air dengan satu sendok sabun cuci piring. Aduk sampai tercampur rata dan semprotkan ke daun cabe hingga merata secara teratur.

2. Menanam Cabe dalam Rumah Kaca

Mengatasi daun cabe agar tidak keriting bisa dilakukan dengan menanam cabe dalam rumah kaca. Cabe dalam rumah kaca lebih bebas dari penyakit daun keriting. Berbanding terbalik dengan cabe pada area terbuka yang mudah terserang penyakit.

3. Menggunakan Bibit Cabe Super

Untuk mencegah daun cabe yang keriting sebaiknya gunakan bibit cabe terbaik, yaitu bibit cabe FI (Hibrida) yang mempunyai ketahanan kepada virus dan penyakit.

4. Menggunakan Insektisida

Mengatasi daun cabe yang keriting bisa dengan memberikan insektisida. Penyemprotan bisa dilakukan setiap hari, diikuti dengan pemberian pupuk organik cair dengan kandungan Nitrogen sampai ZPT Auksin MSG 3 karena Auksin mempengaruhi banyak proses seluler yang berbeda. Pada tingkat molekul, molekul auksin dapat mempengaruhi aliran sitoplasma, pergerakan cairan dalam sel, dan bahkan aktivitas berbagai enzim. Ini memberi auksin kontrol langsung atas pertumbuhan, perkembangan, dan proliferasi sel-sel individual di dalam tanaman.. Agar hasilnya maksimal, penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.

5. Isolasi Tanaman Cabe yang Sakit

Ketika menanam cabe di polybag, jika ada daun cabe yang mulai terlihat keriting harus segera diisolasi. Dengan demikian, cabe yang masih sehat tidak tertular penyakit daun keriting. Pada tanaman yang masih sehat, segera semprot dengan  insektisida.

Itulah beberapa cara mengatasi daun cabe yang keriting dengan mudah. Semoga membantu!

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar