Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis Tanaman Buah Asli Indonesia

 


Sebagai negara yang termasuk dalam wilayah tropis yang subur, Indonesia mempunyai keanekaragaman flora yang khas dan tidak ditemukan di wilayah lain.

Oleh karena itu, banyak berbagai macam jenis tanaman buah-buahan dan sayur-sayuran asli Indonesia yang bisa kita konsumsi.

Namun, kali ini teman-teman akan mengetahui aneka ragam tanaman buah yang ada di Indonesia.

Buah-buahan tersebut ada yang enak dan rasanya manis, tapi ada juga yang dianggap aneh. Berikut, buah-buahan asli dari Indonesia yang harus diketahui. Yuk, simak! 

Buah-buahan Asli Indonesia 

1. Durian 

Siapa yang tidak tahu buah durian atau nama ilmiahnya Durio? Durian adalah tanaman buah yang tumbuh di wilayah tropis di Indonesia dan punya julukan sebagai King of Fruit, lo. Sebab, kulitnya dipenuhi duri tajam, tetapi dagingnya lembut dan manis, meskipun punya aroma yang khas. Beberapa orang menyukai durian dan ada juga yang tidak suka karena aromanya yang menyengat. Durian banyak tumbuh di daerah Kalimantan dan Sumatra, tapi bisa juga di daerah lain di Indonesia. 

2. Manggis 

Buah manggis juga jadi buah asli Indonesia yang punya nama ilmiah Garcinia mangostana, serta tumbuh subur di Semenanjung Malaya hingga kepulauan Indonesia. Manggis bentuknya bulat dengan kulit tebal berwarna ungu gelap. Sedangkan, bagian dagingnya berwarna putih dan terasa berair serta manis.

Jika durian punya julukan sebagai raja buah, manggis punya julukan sebagai ratu buah. Di Indonesia tanaman manggis banyak dibudidayakan di daerah Nusa Tenggara, Jawa, dan Sulawesi. 

3. Rambutan 

Rambutan jadi buah asli Indonesia selanjutnya, rambutan yang punya nama ilmiah Nephelium lappaceum ini punya kulit berwarna merah berambut.

Selain itu, rambutan banyak disukai karena daging buahnya yang manis dan berair

Untuk mendapatkan buah rambutan, teman-teman bisa mencarinya pada musim rambutan, yaitu sekitar bulan Januari hingga Maret.

Hampir semua wilayah di Indonesia bisa ditanami rambutan, tetapi rambutan banyak dibudidayakan di daerah Binjai, Aceh, Subang, dan Ciamis. 

4. Jeruk Bali

Banyak yang mengira jeruk bali atau jeruk pomelo yang punya nama ilmiah Citrus maxima ini berasal dari Pulau Bali.

Padahal, jeruk bali berasal daerah Pulau Jawa, jadi belum diketahui kenapa jeruk ini dinamakan jeruk bali.

Jeruk bali ukurannya jauh lebih besar daripada jenis jeruk lainnya dan merupakan tanaman buah asli Indonesia.

Jeruk bali bisa teman-teman konsumsi langsung bagian bulir jeruknya atau dijadikan manisan jeruk bali yang enak. 

5. Kelengkeng 

Berikutnya ada kelengkeng atau nama ilmiahnya Dimocarpus longan yang tumbuh subur di dataran tinggi.

Buah lengkeng bentuknya bulat dengan kulit berwarna cokelat muda. Sedangkan, daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang khas.

Di Indonesia wilayah penghasil kelengkeng ada di Salatiga, Temanggung, Semarang, Malang, dan Blitar.  

5 Jenis tanaman di atas juga  dapat penuan, Penuaan pada tumbuhan atau senescence adalah proses berkurangnya pigmen klorofil yang memberikan warna hijau pada daun. Penuaan merupakan proses yang terjadi secara bertahap akibat metabolisme yang menurun. Nah untuk menghambat penuaan pada tanaman sobat green bisa gunakan ZPT MSG 3 Sitokinin karena berpengaruh terhadap, pembelahan sel hormon sitokinin terdapat pada sel-sel yang sedang aktif membelah dalam jumlah yang besar. Pada beberapa tumbuhan, sitokinin dapat meningkatkan pembukaan stomata. Menghambat proses penuaan pada daun. Pertumbuhan kuncup lateral sehingga menurunkan dominasi pucuk apikal. Memacu membukanya stomata pada beberapa jenis tumbuhan. Mempengaruhi morfogenesis pada teknik kultur jaringan. Mempengaruhi perkembangan kloroplas. Pemberian sitokinin dapat memicu peningkatan kadar klorofil, mampu meningkatkan konversi etioplast ke kloroplas melalui stimulasi sintesis klorofil.

Nah, itulah kelima buah asli dari Indonesia, mulai dari durian hingga kelengkeng. Adakah buah asli dari Indonesia yang teman-teman sukai? 

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar