Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Ikan Selar Yang Setara Ikan Salmon

 

Ikan selar merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Ikan selar (Selaroides leptolepis) adalah jenis ikan laut yang memiliki ciri berupa garis kuning pada bagian sisiknya. Ikan laut ini bahkan sering disamakan dengan salmon karena mengandung kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Ikan selar memiliki beberapa jenis, yakni ikan selar kuning, ikan selar hijau, ikan selar bentong, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, jenis ikan selar kuning lebih banyak ditemukan.

Ikan ini memiliki tekstur yang kenyal tapi lembut sehingga banyak dijadikan olahan beragam kuliner Indonesia. Bahkan ikan selar ini juga merupakan salah satu bahan baku produksi kecap ikan.

Bukan hanya sering disamakan dengan ikan salmon, tak sedikit orang yang salah mengenali ikan selar dengan ikan kembung. Keduanya memiliki tampilan yang mirip dari segi bentuknya. Ditambah lagi ukurannya yang memiliki panjang kurang dari 15 cm.

Padahal, jika diperhatikan keduanya ini berbeda dari segi tampilannya. Ikan selar memiliki garis kuning atau hijau pada sisi tubuhnya.

Perbedaan lain bisa dilihat dari perbedaan sisik dan siripnya. Sisik dan sirip pada ikan kembung punya warna yang jauh lebih gelap dengan tekstur bergerigi di dekat pangkal ekor.

Kandungan gizi, terutama kalium dan vitamin A, pada ikan selar membuatnya menjadi salah satu ikan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat ikan selar yaitu menjaga kesehatan mata berkat kandungan vitamin A di dalamnya.

Selain itu kandungan kalsium, vitamin D, dan protein dalam ikan selar ternyata berperan penting dalam perkembangan dan kesehatan tulang.

Khasiat ikan selar yang tidak kalah dengan jenis ikan laut lainnya adalah melindungi kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan selar.

Seperti yang sudah dijelaskan, omega-3 yaitu lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Peradangan pada tubuh ini dapat merusak pembuluh darah dan memicu penyakit jantung, serta stroke.

Pada dasarnya, khasiat ikan selar tidak jauh berbeda dengan manfaat makan ikan pada umumnya. Pasalnya, kandungan ikan selar juga cukup mirip dengan jenis ikan lainnya, seperti protein, omega-3, serta beragam jenis vitamin di dalamnya.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

Posting Komentar

0 Komentar