Ad Code

Responsive Advertisement

5 Hewan Yang Berperan Untuk Kesuburan Tanah


 

Hewan yang menyuburkan tanah  adalah salah satu kelompok organisme heterotof, yaitu makhluk yang hidupnya bergantung dari ketersediaan makhluk hidup lain yang berperan sebagai produsen utama di dalam tanah.

Fauna tanah menentukan kesuburan tanah, melalui aktivitasnya dan kemampuannya dalam menguraikan bahan organik baik dari binatang dan tumbuhan yang telah mati sehingga menghasilkan nutrisi yang berperan bagi organisme lain dan tumbuhan.

5  hewan yang memiliki peran penting untuk kesuburan tanah. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Cacing tanah

cacing tanah bertanggung jawab untuk mencampur lapisan tanah dan memasukkan bahan organik ke dalam tanah. Pencampuran ini meningkatkan kesuburan tanah dengan membiarkan bahan organik tersebar melalui tanah dan nutrisi yang ada di dalamnya tersedia untuk bakteri, jamur dan tumbuhan.

2. Belatung

Belatung sangat dibutuhkan bagi alam. Salah satu pentingnya keberadaan belatung ditunjukkan melalui pembusukan dari bangkai organisme yang telah mati. Belatung akan mengurai dan menghabiskan bangkai yang membusuk di alam. Bangkai-bangkai yang ada di alam liar tidak dapat meracuni tanah dan lingkungan di sekitarnya. Di alam liar, kematian hewan yang terjadi setiap hari tentu saja akan membawa dampak buruk jika bangkai mereka tidak diatasi dengan baik.

3. Rayap

Rayap sangat baik untuk kesuburan tanah,Saat membangun dan merawat sarang, rayap bisa memindahkan sejumlah besar tanah. Sarang rayap membuat struktur tanah di sekitarnya bisa menahan air dan menyediakan nutrisi untuk tanaman.

4. Jangkrik

jangkrik selalu membuat lubang atau sarang di tanah. Akibatnya oksigen akan mudah masuk ke dalam tanah sehingga tanah semakin gembur dan menguntungkan bagi tumbuhan.

5. Semut

Semut memiliki fungsi ekologis dalam membantu tanaman menyebarkan benih (biji) untuk penyerbukan, menggemburkan tanah pertanian melalui pergerakannya di dalam tanah, menjadi predator bagi hama tanaman, dan aktivitas ekologis lain, termasuk sebagai simbion kutu daun.

Nah, itulah 5 Hewan Yang Berperan Untuk Kesuburan Tanah, keberadaan mereka memang sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

KONTEN MENARIK DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 

Posting Komentar

0 Komentar