Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Erbis Bagi Kesehatan

 



Buah  erbis yang dikenal sebagai markisa jumbo atau passiflora guadrangularis merupakan tanaman yang memiliki buah dengan ukuran besar yang berasal dari keluarga passifloraceae. Biasa erbis bisa ditemukan di sekitar wilayah neotropis.Tanaman ini bisa tumbuh subur di wilayah dengan dataran rendah pH tanah dengan angka sekitar 5,5 hingga 6,5 menjadi media yang sangat tepat untuk menanam buah erbis.

Buah Erbis Memiliki tingkat rendah kalori yaitu 97 kalori per 100 gramnya. Makanan kaya serat memberikan 27% dari nilai harian per 100 gram. Memberikan 50% dan 43% dari kebutuhan harian Vitamin C & A per 100 gram. Kaya zat besi sebanyak 20% nya, dan mengandung tembaga, fosfor dan magnesium per 100 gram. Selain itu, juga meyediakan 7% dari kebutuhan harian kalium per 100 gram. Mengandung beta karoten sebagai prekursor vitamin A. Memiliki sejumlah karotenoid dalam jumlah yang baik. Berisi sterol sehat, alkaloid dan triterpen.

Nah, ternyata banyak banget manfaat dari erbis yang mendukung kesehatan tubuh, lho. Apa saja ya manfaat buah erbis? Simak ulasan ini!

1. Menjaga kesehatan usus

Dalam setiap 100 gram buah erbis mengandung sekitar 64 gram serat larut yang berarti bahwa jenis serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

2. Mencegah kanker

Manfaat buah erbis mengandung senyawa alkaloid dan antioksidan yang tinggi dan bisa bertindak sebagai agen Khan yang mengatasi zat radikal bebas. Selain itu buah erbis juga mengandung fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang bisa mencegah munculnya sel kanker.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan polifenol dalam biji buah erbis mengandung manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Dapat menurunkan kolesterol

Buah erbis juga makanan yang mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi pada buah ini bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Mengurangi sakit penderita osteoarthritis lutut

Ekstrak buah erbis juga mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada mereka yang menderita osteoarthritis lutut. Hal ini disebabkan buah erbis memiliki aktivitas anti inflamasi dan antioksidan.

6. Sebagai penenang syaraf

Buah erbis sendiri sangat berkhasiat untuk menenangkan saraf. Buah ini juga merupakan sumber dari beberapa vitamin, terutama vitamin C dan vitamin A dan antioksidan.

 7. Mengatasi gangguan tidur

Buah erbis bisa mengatasi gangguan tidur karena bisa menyebabkan efek yang menenangkan untuk pikiran dan perasaan konsumsi buah erbis disarankan untuk semua orang yang memiliki masalah gangguan tidur.

8. Mencegah asma

Menurut sebuah penelitian yang dikembangkan di Iran diketahui bahwa jelly dan kulit erbis mengandung senyawa dan asam khusus yang bisa mencegah serangan asma.

 

Itulah beberapa manfaat buah erbis bagi kesehatan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )



Posting Komentar

0 Komentar