Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Limbah Sisik Ikan

 

Limbah adalah zat yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik. Limbah dapat berupa sampah, air kakus, dan air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya. Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang sering kali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Keberadaan limbah sisik ikan ini masih belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Padahal sisik ikan mengandung zat kitin dan kitosan yang dapat dijadikan sebagai adsorben ion logam berat seperti tembaga (Cu), kromium (Cr), katmium (Cd) dan merkuri (Hg).

Kitin dan kitosan merupakan adsorben yang dapat menyerap logam berat. Kitin dan kitosan dapat ditemukan pada limbah pengolahan hasil laut seperti cangkang udang, kepiting dan sisik ikan.

Sisik ikan merupakan limbah yang belum dimanfaatkan dengan optimal. sisik ikan sering dibuang karena tidak dapat diolah dan tidak memiliki manfaat. Tanpa disadari sisik ikan memiliki beberapa kandungan yang bisa dimanfaatkan. sisik ikan yang terbuang masih dapat dimanfaatkan karena banyak senyawa kimia yang terkandung dalam sisik ikan, antara lain adalah 41-84% merupakan portein organik (kolagen dan ichtylepidin) dan sisanya merupakan residu mineral dan garam inorganik.

Sisik ikan dalam skala industri (diperoleh dari industri fillet ikan) dapat dimanfaatkan sebagai sumber kolagen. Selain itu sisik ikan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat gelatin contohnya sisik ikan mujair.

Bukan hanya itu sisik ikan juga dapatr digunakan sebagai kerjaninan tangan.

Berikut adalah contoh kerajinan berbahan dasar sisik ikan di antaranya sebagai berikut.

 

1. Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Anting-anting

2. Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Bros Unik

3. Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Kalung Elegan

4. Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Pita Rambut

5. Kerajinan dari Sisik Ikan Berupa Pita Rambut

 

Demikian penjelasan dari Pemanfaatan Limbah Sisik Ikan Yang Berpotensi Tinggi. Semoga dengan ini dapat limbah sisik ikan dapat dijadikan referensi untuk membuat colagen, gelatin atau kerajinan tangan .

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar