Ad Code

Responsive Advertisement

Rahasia Membuat Media Tanam Subur


 

Media tanam merupakan salah satu faktor kunci yang sangat menentukan keberhasilan dalam bercocok tanam, baik itu tanaman buah, tanaman hias, sayuran, bunga dan sebagainya. Media tanam yang subur haruslah gembur, porous (tidak mengendap air terlalu lama), memiliki rongga udara, tidak masam, steril, dan bisa mengikat air.

Maka dari itu dalam mempersiapkan media tanam tersebut, harus dilakukan dengan benar dan tepat agar nantinya bisa diperoleh media tanam yang benar-benar subur, bebas jamur, hama penyakit dan baik untuk pertumbuhan tanaman.

Kriteria media tanam yang subur itu sendiri setidaknya mencakup 5 hal berikut ini:

1. Mengandung nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman

2. Mengandung mikroorganisme yang baik di dalamnya

3. Memiliki porositas atau kegemburan tanah yang baik

4. Memiliki pH yang netral

5. Bebas hama penyakit dan zat beracun

 

Perlu diketahui bahwa ada lima jenis media tanam yang dibutuhkan untuk membuat media tanam yang subur yakni tanah, pupuk kandang, sekam padi , abu arang dan Agrigel MSG 3.

Campurkan semua bahan yaitu tanah, pupuk kandang, sekam padi dan abu arang dengan perbandingan 3:3:3:1, caranya dengan memasukkannya ke dalam bak/ember besar lalu mengaduknya hingga tercampur merata.

Saat keempat media tanam sudah tercampur dengan baik, kamu akan dapat menghasilkan tekstur yang gembur, yaitu seperti masih ada lengketnya, tetapi mudah terurai.

Selanjutnya saat akan digunakan untuk menanam tanaman, yang lapisan pertama berikan media tanam yang di buat sebelumnya, lapisan yang ke dua berikan Agrigel MSG 3 secukupnya, kemudian lapisi kembali dengan tanah.

Dengan memberikan Agrigel MSG 3 dapat membuat media tanam tersebut menjadi subur dan hemat air sehingga mencegah kekeringan pada tanaman. Karena Agrigel dapat menyerap air dengan cepat dan di pertahankan dalam jumlah besar. Dan dapat menghemat penggunaan air 50-70 %. Selain itu dapat mengurangi frekuensi penyiraman karena, Agrigel dapat bertahan lama dalam tanah dan dapat melepaskan air ketika dibutuhkan tanaman.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar