Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Ternak Angsa Yang Mudah

 

Angsa adalah salah satu jenis unggas yang memiliki badan berukuran besar yang berasal dari genus Cygnus dan family Anatidae. Dalam Bahasa Jawa, angsa atau soang biasa disebut banyak. Angsa juga merupakan satu-satunya burung air yang bisa terbang. Terdapat jenis-jenis angsa yang ada di dunia.

Untuk diketahui, terdapat beberapa jenis angsa yaitu angsa putih, angsa hitam, angsa trompet dan angsa whooper yang panjangnya bisa mencapai 60 inci dengan berat mencapai 22,7 kg. Angsa mencari makanan di air dan di daratan, angsa termasuk hewan herbivora namun terkadang mereka memakan hewan air kecil.

Angsa banyak diternakan karena angsa merupakan unggas yang mudah dipelihara dan tahan penyakit. Berikut adalah cara budidaya ternak angsa :

1. Persiapan Kandang yang Layak

Beternak angsa bisa memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah atau di halaman rumah untuk kandangnya. Namun sebaiknya lokasi kandang angsa berada di tempat yang jauh dari permukiman penduduk karena angsa mengeluarkan suara yang sangat keras dan dapat mengganggu penduduk.

2. Pemilihan Bibit Angsa

Sebelum melakukan budidaya anda perlu menentukan jenis angsa yang ingin anda peliharaan apakah angsa petelur untuk tujuan menghasilkan telur atau angsa pedaging untuk menghasilkan daging. Jika anda ingin memelihara angsa petelur maka anda pilih jenis angsa yang memiliki produksi telur banyak da apabila anda ingin memelihara angsa pedaging maka pilihlah angsa yang memiliki pertumbuhan daging yang cepat.

3. Pemberian Pakan yang Bermutu

Makanan angsa tidak jauh berbeda dengan unggas lain yaitu dedak beras, tumbuhan, hewan kecil. Namun, agar pertumbuhannya maksimal sebaiknya diberi makanan unggas minimal 2 kali sehari (pagi dan sore).

4. Masa Bertelur dan Mengerami

Ketika masa bertelur dan mengerami, angsa membutuhkan sarang khusus agar telurnya terjaga. Dan pada saat itu angsa menjadi sangat agresif, sehingga kita harus menghindari mengganggunya.

5. Pemanenan

Tidak ada ketentuan khusus untuk waktu panen. Kita bisa menyeleksi angsa mana yang sudah siap dipanen dan belum. Namun perlu dipertimbangkan bahwa angsa terlalu tua dagingnya lebih alot. Pada umumnya angsa dapat dipanen saat berumur 4 hingga 6 bulan. Sedangkan apabila ingin memanen telur, biasanya angsa mulai bertelur pada saat angsa berumur  9-10 bulan.

Nah demikian cara mudah beternak angsa. Jika ingin memelihara angsa, usahakan untuk menyediakan lahan yang cukup untuk tempat membangun kandang dan jauh dari pemukiman. Prosedur yang baik dalam budidaya akan menghasilkan angsa yang berkualitas baik dan meningkatkan keuntungan.

KONTEN MENRIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar