Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Menarik Ikan Buntal


 

Ikan buntal merupakan ikan yang termasuk dalam keluarga Tetraodontidae. Ikan ini bisa ditemukan di perairan air asin maupun air tawar, seperti samudra Pasifik, laut merah, sungai Mekong dan sungai Amazon.

Ikan buntal termasuk hewan yang memiliki visual unik. Tubuhnya yang menggelembung seperti buntalan atau mirip balon. Ikan ini sering disebut balloon fish atau globefish. Keunikan ikan buntal ini terletak pada organ dan kulitnya yang mengandung racun. Ia bahkan dipercaya sebagai vertebrata paling beracun di dunia setelah katak racun emas. Meskipun beracun, tetapi ikan ini ada di beberapa restoran di Jepang, Korea dan Tiongkok yang menyajikan ikan buntal ini sebagai menu makanan untuk para tamu.

Penasaran tentang fakta menarik  ikan buntal ini? Yuk simak fakta menarik apa saja yang ada di ikan buntal.

1. Populasi

Ada lebih dari 120 spesies ikan buntal di seluruh dunia. Sebagian besar ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis, tapi beberapa spesies hidup di air payau bahkan air tawar.

2. Mampu Berubah Warna

Ikan buntal mampu mengubah warna tubuhnya dengan tingkat kecerahan, kecerahan tersebut terkadang terlihat lebih terang dan terkadang terlihat lebih gelap.

3. Membuat Tempat Tinggal Sendiri

Ikan buntal yang berbintik putih ternyata memiliki kebiasaan unik, yaitu membangun sarang. Ikan buntal jantan membuat sarang di pasir berbentuk bulat dan berdiameter enam kaki. Tujuan mereka membuat sarang adalah untuk menarik perhatian ikan betina.

4. Ikan yang lambat namun mematikan

Meskipun menggunakan sirip untuk membantu mereka berenang, tetapi ikan jenis ini terkenal dengan pergerakannya yang lambat. Akan tetapi, mereka mempunyai metode lain untuk menghalangi atau mengalahkan pemangsa untuk menangkap mereka.

5. Racun tidak hilang meskipun dimasak

Fakta dari ikan buntal selanjutnya yaitu racun tetrodotoksin yang terkandung di dalamnya tidak akan hilang walaupun telah dimasak atau dibekukan. Apabila tidak diolah dengan benar, racun dari organ tubuh ikan buntal dapat menyebar dan terserap ke dalam dagingnya.

6. Mempunyai Gigi yang Kuat

Gigi ikan buntal mempunyai karakter seperti gigi hewan pengerat yang selalu tumbuh memanjang. Untuk mengatasi tumbuhnya  gigi, ikan buntal memotong giginya dengan cara menggesekkan gigi pada terumbu karang dan bebatuan.

Sobat Green itulah informasi tentang fakta menarik ikan buntal. Semoga kita tidak terkena racun dalam mengonsumsi ikan tersebut dan pastinya kamu harus selalu berhati–hati.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar