Ad Code

Responsive Advertisement

5 Jenis Hama Yang Menyerang Cabai

 

memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, cabai juga memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin diantaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalori, protein kalsium, lemak dll.

Dampak kerugian akibat serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan tanaman cabai gagal panen, penurunan jumlah produksi tanaman, pertumbuhan tanaman terganggu, serta menurunkan nilai ekonomis tanaman cabai. Oleh karena itu dalam proses budidaya tanaman cabai, petani perlu mengetahui jenis hama, penyakit serta gejala yang ditimbulkan sehingga petani dapat melakukan tindakan pengendalian secara tepat.

1. Lalat Buah

Buah cabai yang terserang hama lalat buah (Bactrocera) memiliki gejala titik hitam pada bagian pangkal buah dan terdapat belatung jika dibelah sehingga menyebabkan buah cabai busuk. Kualitas buah cabai yang terserang hama ini akan menurun sehingga tidak layak untuk dipasarkan.

2. Kutu Daun

Daun cabai yang terserang kutu daun (Aphididae) akan mengerut, mengeriting, pertumbuhan tanaman akan terhambat dan kerdil. Hama ini juga mengeluarkan cairan embun madu.

3. Penyakit Antraknosa

Penyakit antraknosa atau lebih dikenal dengan “patek” disebabkan oleh cendawan Colletotrichum. Penyakit ini dapat menyerang tanaman cabai pada fase pembibitan hingga fase dewasa. Gejala serangan penyakit patek pada fase pembibitan menyebabkan kecambah layu saat disemai.

4. Bercak Daun

Gejala penyakit bercak daun (Cercospora) pada cabai mulai terlihat dari munculnya bercak bulat berwarna cokelat pada daun. Penyakit ini dapat menyerang tanaman cabai pada fase persemaian dan lebih dominan menyerang tanaman tua.

5. Layu Fusarium

Daun kekuningan dan ranting mati berwarna cokelat merupakan gejala khas penyakit layu Fusarium. Penyakit ini mampu berkembang dengan cepat pada saat kondisi tanah yang sangat lembab sehingga menyebabkan batang tanaman cabai membusuk.   Petani dapat mengendalian penyakit layu fusarium dengan cara memberikan PUPUK PGPR NARACABALA MSG 3. 

Nah Itulah, 5 Jenis Hama Yang Menyerang Cabai.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar