Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Unik Ubi Unggu Yang Termasuk Jenis Sayur

 

Ubi ungu atau yang juga dikenal sebagai ubi jalar ungu adalah salah satu jenis umbi-umbian yang populer di Indonesia. Warna ungu cerah pada dagingnya membuat ubi ini menjadi salah satu bahan makanan yang menarik dan populer dalam berbagai jenis masakan.

Warna ungu pada Ubi Ungu tidak hanya menunjukkan bahwa makanan tersebut memiliki warna yang cantik, tapi juga sebagai tanda adanya kandungan nutrisi yang besar di dalamnya Warna ungu pada Ubi Ungu mengindikasikan adanya kandungan pigmen antosianin. Pigmen antosianin ini merupakan molekul dalam antioksidan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Semakin kuat warnanya, semakin besar kandungan antosianin di dalamnya.

Berikut fakta-fakta menarik tentang ubi jalar.

1. Merupakan sumber karbohidrat kompleks

Semua jenis ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai sumber energi.  Selain itu ubi jalar juga mengandung kalori serta tidak mengandung lemak atau kolesterol.

2. Kandungan gizi ditentukan oleh warna

Warna yang berbeda pada ubi jalar disebabkan oleh zat fitonutrien atau zat kimia alami yang terdapat pada buah dan sayur. Sementara ubi ungu mengandung banyak zat antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.

3. Dapat  Mengatasi depresi

Kandungan magnesium yang tinggi pada ubi jalar berperan penting dalam transmisi syaraf dan kontraksi otot.

4. Tanaman Covok Musim kemarau

Tanaman ubi jalar tumbuh baik pada lahan tegalan atau bekas sawah. Pada lahan tegalan, budidaya ubi jalar cocok dilakukan diakhir musim hujan. Sedangkan untuk lahan sawah lebih cocok pada musim kemarau.

5. Ubi di sebbut Sayur

Jenis sayuran akar pertama adalah ubi. Sayuran yang satu ini sangat kaya dengan serat, vitamin C, A, dan juga mangan.

Nah itulah Fakta Unik Ubi Unggu Yang Termasuk Jenis Sayur.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar