Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Buah Blackberry Bagi Kesehatan

 

Buah blackberry adalah buah berwarna hitam yang tak hanya lezat, tapi juga kaya akan nutrisi. Buah ini dianggap sebagai makanan super (superfood) yang baik bagi tubuh. Bahkan ada berbagai manfaat buah blackberry yang dipercaya baik untuk memelihara kesehatan hingga menurunkan risiko penyakit.

Selain kandungan gizi tersebut, blackberry memiliki komponen antioksidan dan indeks glikemik rendah. Umumnya, kandungan karbohidrat dalam blackberry berasal dari karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Tapi, buah ini juga memiliki karbohidrat kompleks.

Berbagai manfaat blackberry bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan meliputi:

1. Mempertahankan fungsi tubuh

Kandungan vitamin C buah blackberry terbilang tinggi. Vitamin ini berperan dalam memproduksi kolagen dan neurotransmiter tertentu yang penting untuk fungsi tubuh, misalnya penyembuhan luka sertadan regenerasi kulit.

2. Memelihara kesehatan pencernaan

Manfaat buah blackberry untuk sistem pencernaan Anda didapatkan dari kandungan seratnya.Serat akan meningkatkan kepadatan feses sekaligus menghaluskannya sehingga feses bisa dikeluarkan dengan lebih mudah.

3. Menguatkan tulang

Buah blackberry memenuhi 32% kebutuhan harian vitamin K. Vitamin ini digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan protein bagi tulang yang sehat.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah blackberry berikutnya adalah membantu menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anthocyanin dalam buah beri dari genus Rubus dapat mengurangi oksidasi kolesterol jahat hingga 50%.

5. Memperkuat Fisik Melawan Sel Kanker

Dalam setiap kandungan buah blackberry  terdapat Anthocyanin. Zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel tumor.

6. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah blackberry kaya akan kandungan antosianin. Antosianin ini berpotensi membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Mendukung kesehatan mulut

Sebuah riset menemukan bahwa ekstrak blackberry memiliki kemampuan antibakteri dan antiradang terhadap beberapa jenis bakteri yang menyebabkan penyakit mulut.

 8. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat buah blackberry juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Sebab, buah ini mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga hanya berpengaruh kecil terhadap kenaikan gula darah.

Demikianlah delapan manfaat buah blackberry untuk kesehatan.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

 

 


Posting Komentar

0 Komentar