Ad Code

Responsive Advertisement

Mengenal Terasering dengan Fungsi dan Jenisnya

 

Terasering atau sengkedan adalah metode konservasi tanah dan air secara mekanis yang dibuat untuk memperpendek panjang lereng dan atau memperkecil kemiringan lereng dengan jalan penggalian dan pengurugan tanah melintang lereng.

Tujuan pembuatan teras adalah untuk mengurangi kecepatan aliran permukaan (run off) dan memperbesar peresapan air, sehingga kehilangan tanah berkurang (Sukartaatmadja 2004).

Penanaman pada terasering dilakukan dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng dan menahan atau memperkecil aliran permukaan agar air dapat meresap ke dalam tanah. Jenis terasering antara lain teras datar, teras kredit, Teras Guludan, dan teras bangku.

Sengkedan merupakan cara untuk memanfaatkan lahan yg miring agar dapat digunakan untuk bercocok tanam. Metode ini adalah salah satu cara efektif memanfaatkan tanah yg miring dan subur untuk dijadikan lahan pertanian produktif.

Salah satu daerah yg menggunakan metode terasiring ini dalam memanfaatkan lahan yg miring adalah di dusun Sumber Bening Kembiritan. Dulu lahan miring hanya dapat dibuat ladang, namun sejak awal tahun 1950 munculah ide dari salah satu pemilik ladang di sana untuk membuat lahan miring menjadi terasering atau sengkedan seperti sekarang.

Fungsi Terasering atau Sengkedan

Secara garis besar terasering adalah kondisi lereng yang dibuat bertangga tangga yang dapat digunakan pada timbunan atau galian yang tinggi dan berfungsi untuk:

1. Menambah stabilitas lereng

2. Memudahkan dalam perawatan (Konservasi Lereng)

3. Memperpanjang daerah resapan air

3. Memperpendek panjang lereng dan atau memperkecil kemiringan lereng

4. Mengurangi kecepatan aliran permukaan (run off)

5. Dapat digunakan untuk landscaping

Jenis-Jenis Terasering

Terasering dapat dibagi dalam beberapa jenis. Berdasarkan bentuknya, terasering dikelompokkan ke dalam 8 jenis terasering yaitu teras kredit, teras individu, teras datar, teras guludan, teras bangku, teras batu, teras saluran dan teras kebun.

Nah, itulah  apa maksud dari Terasering dengan Fungsi dan Jenisnya

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar