Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Ternak Ayam Onagadori Ekor Panjang


 

Ayam Onagadori adalah jenis ayam yang berasal dari Jepang dan terkenal dengan ekornya yang sangat panjang. Budidaya ayam Onagadori ekor panjang membutuhkan perhatian khusus dan memerlukan tahapan-tahapan sebagai berikut

Ayam Onagadori memiliki postur tubuh sedang dengan bulu ekor yang sangat panjang. Meski bulu ekor ayam onagadori bisa mencapai 20 meter, namun di Indonesia hanya bisa mencapai 1-1,5 meter saja. Warna ayam ini terdiri dari bulu putih, perak, emas dan kombinasi hitam merah.

Cara beternak ayam Onagadori dengan perwatan yang mudah.

1. Perkandangan

Keistimewaan ayam Onagadori ini terletak pada ekornya. Untuk menjaga keindahan ekornya, hal utama yang harus diperhatikan dan menjadi prioritas adalah perkandangan ayam. Kandang yang baik yaitu memiliki ukuran yang jauh lebih luas dan besar dibanding ukuran ayam Onagadori tersebut. Selain itu, hal lain yang harus Anda siapkan adalah tempat tenggeran yang tinggi.

2. Bibit Ayam

Ada dua cara dalam memilih bibit ternak Onagadori, yakni dengan menggunakan telur sebagai bibitnya atau bisa membeli anakan ayam onagadori yang masih berumur 1 hingga 5 bulan.

3. Pakan Ayam

Pakan yang paling penting adalah pakan yang bernutrisi tinggi, agar kelebatan dan keindahan bulu dari ayam ini tidak terganggu. Anda bisa menggunakan pakan seperti jagung dan beras merah. Pemberian vitamin juga dapat diberikan sekali dalam seminggu atau sekali dalam sebulan.

4. Pemberian Pakan

Pemberian pakan dapat diberikan sebanyak dua kali dalam sehari. Bisa berupa dedak, jagung, beras merah atau pakan berkualitas lainnya. Pastikan kuantitasnya pakan yang diberikan cukup atau tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

5. Cara menetaskan telur

Apabila Anda membeli dalam bentuk bibit telur, penetasan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin tetas. Proses penetasan juga dapat dilakukan dengan membiarkan induk secara langsung mengeraminya.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara beternak ayam onagadori. Sangat menjanjikan dan mudah bukan?

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNISN ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar