Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Menarik Tentang Daun Kemangi

 

Basil atau kemangi merupakan tumbuhan dengan nama latin ocimum basilicum yang masih termasuk dalam keluarga Lamiaceae atau tumbuhan mint. Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan ini merupakan tumbuhan asli India dan beberapa daerah tropis lainnya di Asia.

Kemangi memiliki aroma senejis lemon yang kuat, sehingga ia menjadi bahan tambahan dalam makanan yang biasanya disukai karena aroma tersebut.

Kira-kira apa aja ya fakta menarik tentang tanaman kemangi ini? Mari simak artikel ini sampai habis!

1. Kemangi berasal dari India

Seperti kebanyakan tanaman lainnya, tentu kita penasaran darimana tanaman kemangi berasal. Ternyata, kemangi berasal dari India.

2. Memiliki lebih dari 60 varietas

Ada begitu banyak varian kemangi diluar sana. Dilansir dari Masterclass, kemangi memiliki lebih dari 60 varietas. Jumlah yang cukup banyak dan bervariasi.

3. Keunikan batangnya

Batang kemangi cukup unik karena memiliki bermacam bentuk, memiliki bulu serta warna yang bervariasi. Batang tanaman ini berjenis dikotil, dengan batang yang berkayu.

4. Tumbuhan dengan sebaran terbanyak

Walau pertama kali muncul di India, namun tanaman ini dikenal dengan sebaran terbanyak di dunia. Ia merambah ke hampir seluruh wilayah termasuk Indonesia. Iklim di Indonesia termasuk mendukung pertumbuhan tanaman ini. Sebarannya yang luas juga membuat banyak peneliti tertarik membahas mengenai morfologinya.

5. Bunganya bergerombol

Bunga tanaman ini cenderung bergerombol ditandai dengan mahkota bunga yang berwarna keunguan. Bunganya muncul di batangnya.

6. Daunnya unik

Daun kemangi memiliki dua warna yakni ada yang hijau dan juga kecoklatan. Daunnya beraroma khas dan dapat digunakan sebagai bahan masakan sayur atau sambel karena mengeluarkan rasa yang agak pedas.

Demikianlah fakta menarik mengenai tanaman dengan aroma khas ini, semoga bermanfaat!

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

Posting Komentar

0 Komentar